Bahaya Gunakan High Heels Terlalu Sering

Kamis, 19 Januari 2017 – 21:00 WIB
Ilustrasi. Foto IST

jpnn.com - jpnn.com - High heels, sepatu wanita yang sering menjadi fashion andalan bagi para wanita agar terlihat lebih tinggi dan lebih fashionable.

Berbagai desain dan warna high heels selalu menggoda untuk dibeli dan digunakan, karena wanita akan melakukan apa pun supaya tampil cantik dan mempesona.

BACA JUGA: Bingung Siapkan Pesta Pernikahan? Datang Aja ke GPI

Dengan memakai high heels bisa membuat kaki terlihat jenjang, tubuh lebih tinggi, postur tubuh lebih tegak dan membuat cara berjalan lebih anggun tentunya.

Berdasarkan survey, delapan dari sepuluh wanita merasa tampil percaya diri dengan menggunakan sepatu hak tinggi atau high heels.

BACA JUGA: Aksi Pemberani Siluman Imut yang Jenaka

Tapi tahukah Anda? Banyak laporan gangguan kesehatan kaki pada wanita ternyata disebabkan pemakaian high heels.

Meski begitu, hal ini tidak pernah menciutkan nyali wanita untuk tetap membeli dan memakai high heels.

BACA JUGA: Dekaplah Bayi Anda dengan Gaya Kanguru

"Ini lebih buruk dari yang Anda pikirkan. Sepatu hak tinggi adalah salah satu penyebab paling umum dari sakit kaki di kalangan wanita," kata koresponden NBC News, Dr. Natalie Azar, seperti dilansir laman Today, Rabu (18/1).

Memakai sepatu hak tinggi memaksa pergelangan kaki menekuk ke depan, seperti saat Anda berdiri di ujung jari kaki.

Hal ini bisa menyebabkan serangkaian masalah kesehatan, seperti membatasi peredaran darah di kaki yang bisa menyebabkan spider veins dan juga tendon Achilles, yang menyebabkan rasa sakit dan kejang otot.

Tapi rasa sakit tidak hanya terjadi pada kaki. High heels juga bisa menyebabkan masalah punggung dan lutut.

Agar tubuh tetap seimbang pada tumit, tulang belakang Anda perlu bergerak secara wajar yang menambahkan stres pada otot-otot di tulang belakang. Hal ini menyebabkan sakit punggung bawah.

Sebuah studi dari Stanford University menemukan bahwa high heels dengan tinggi 8 cm atau lebih menempatkan begitu banyak tekanan pada lutut yang bisa meningkatkan risiko seorang wanita terkena osteoarthritis, kondisi kronis umum dari sendi yang menyerang sekitar 27 juta orang Amerika.

Jika Anda mengalami salah satu masalah ini, penting untuk mengunjungi dokter sebelum kondisinya menjadi lebih buruk.

Untuk mencegah masalah ini, cobalah mengurangi pemakaian high heels dan mengganti high heels dengan flat shoes ketika meninggalkan kantor.

Kemudian Anda bisa melakukan beberapa menit peregangan paha depan, betis dan fleksor pinggul. Ingat, fashion tidak harus identik dengan rasa sakit.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Biasa Mengerang saat Bercinta? Ini Cara Mengatasinya


Redaktur : Fany
Reporter : Fany, Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler