Bahaya Over Higienis Yang Mungkin Anda Buat

Rabu, 21 Oktober 2015 – 07:45 WIB
ILUSTRASI: FOTO: Care2

jpnn.com - Kebersihan memang penting tapi jelas bisa menjadi bumerang pada Anda. Ada hal seperti menjadi over-higienis yang justru berbahaya loh.

Berikut bahaya over-higienis, seperti dilansir laman Care2, Senin (19/10).

BACA JUGA: 4 Kesalahan Sarapan Yang Mungkin Anda Buat

1. Over-menyikat gigi.

Apakah Anda fanatik tentang menyikat gigi Anda? Apakah itu hal pertama yang Anda lakukan setelah makan? Jika demikian, Anda mungkin akan menghilangkan enamel berharga pada gigi Anda.

BACA JUGA: Paparan Suara Keras Terkait Dengan Risiko Penyakit Jantung

Enamel gigi bisa melembutkan makan makanan tertentu sehingga yang terbaik adalah menunggu setidaknya 30 menit sebelum menyikat untuk memastikan enamel memiliki waktu untuk kembali memperkuat diri mereka. Jika Anda khawatir tentang kesehatan mulut Anda maka Anda bisa berkumur terlebih dahulu.

2. Mengenakan pakaian tidur.

BACA JUGA: Astagfirullah... Video Ini Tunjukkan Ada Kaos Kaki Berlafaz Allah

Tidur tanpa memakai apa-apa bisa menyebabkan tubuh Anda kering secara alami yang mengurangi kemungkinan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan. Jika Anda tidak bisa tidur telanjang maka Anda bisa mengenakan pakaian longgar.

3. Memakai pakaian longgar siang hari.

Memakai pakaian pada siang hari, terutama jika Anda memakai celana ketat bisa menyebabkan iritasi. Anda lebih baik mengenakan pakaian katun yang bisa mencegah iritasi dan sejenisnya.

4. Fluoride

Menggunakan fluoride, infused pasta gigi belum tentu akan mencegah gigi berlubang. Ada perdebatan sengit mengenai apakah fluoride bermanfaat bagi gigi kita. Apa yang paling mengkhawatirkan adalah bahwa jumlah fluoride dalam pasta gigi sangat beracun jika tertelan oleh anak kecil. Pencegahan gigi berlubang memang penting, tetapi Anda bisa mengambil langkah-langkah yang lebih aman lainnya untuk menjaga diri dan keluarga Anda sehat.

5. Berlebihan menggunakan produk antibakteri.

Apakah Anda menggunakan semprot meja Anda dengan antibakteri atau Anda menggunakan sabun tangan antibakteri. Namun jangan salah, hal ini justru tidak bagus untuk kesehatan Anda. Antibakteri memang membunuh semua kuman namun bakteri baik bisa melindungi Anda dari penyakit sehingga Anda pada dasarnya merugikan diri Anda sendiri. Juga, penelitian telah menunjukkan bahwa sabun antibakteri tidak lebih efektif daripada sabun biasa dan mengandung triclosan.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Makanan Ini Bisa Memenuhi Gizi Anda


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler