Bahtiar Baharuddin Ungkap 3 Skenario Berakhirnya Pandemi Covid-19

Minggu, 08 November 2020 – 07:27 WIB
Petugas medis melakukan tes usap atau swab test. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, TANJUNG PINANG - Penjabat sementara Gubernur Kepulauan Riau Bahtiar Baharuddin menyebutkan ada tiga skenario berakhirnya pandemi COVID-19.

"Pertama, atas kehendak Yang Mahakuasa, karena dengan kehendaknya semua bisa berakhir, kun fayakun," kata Bahtiar di Tanjungpinang, Sabtu (7/11).

BACA JUGA: Begini Perkembangan Uji Klinis Fase 3 Vaksin Covid-19 di Indonesia

Kedua, lanjut dia, usaha dari umat manusia.

"Dengan obat-obatan dan vaksin yang terus diusahakan para ahli dan semoga formula terbaik ini bisa segera ditemukan," ujarnya.

BACA JUGA: Pengadaan Vaksin COVID-19 Jadi Prioritas Pemerintah di Akhir Tahun

BACA JUGA: Pak Doni Dorong Daerah Siap Siaga Antisipasi Bencana Alam dan Covid-19

Ketiga adalah skenario alam, yaitu virusnya melemah secara alamiah.

Bahtiar mengemukakan bahwa berbagai upaya terbaik terus dilakukan agar tidak bertambahnya masyarakat yang terpapar pandemi COVID-19.

Dia menyebut selama virus ini masih ada maka kewaspadaan semua terhadap COVID-19 harus tetap tinggi. Pemahaman ini harus terus disampaikan oleh semua komponen pemerintah dan masyarakat.

Ia juga meminta setiap orang harus membentengi diri supaya tidak terpapar COVID-19. Kalaupun terkena, tidak menularkan kepada orang lain dengan rumusnya harus menggunakan masker dengan benar sebagai alat pertahanan.

"Mari kita bersama-sama menahan lajunya penularan COVID-19, kita harus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jangan yang terpapar adalah keluarga kita, baru sadar bahayanya pandemi ini," ujarnya.

Bahtiar juga ingin kesediaan dan bantuan pemerintah kabupaten/kota beserta camat, lurah/kepala desa, forum RT RW beserta Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dari tingkat kecamatan sampai desa untuk menyosialisasikan pemakaian masker menjadi budaya hidup masyarakat.

"Kami ingin teman-teman RT RW, lurah/kades, camat yang langsung berintegrasi bersama masyarakat agar menduplikasikan protokol COVID-19. Supaya warga kita patuh terhadap protokol kesehatan," tuturnya. (ant/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler