Bakar Lilin Aroma Buchu untuk Usir Mual Kehamilan

Senin, 04 Februari 2013 – 08:01 WIB
LONDON - Catherine "Kate" Middleton alias Duchess of Cambridge berusaha untuk menikmati kehamilannya yang tidak mudah. Setelah sempat menjalani perawatan intensif di rumah sakit karena mengalami morning sickness parah, istri Pangeran William alias Duke of Cambridge itu mulai bisa mengatasi rasa mual akibat perubahan hormon.

Sabtu lalu (2/2), Daily Mail memberitakan bahwa resep rahasia Middleton untuk mengusir morning sickness yang datang setiap hari adalah lilin. Ya, perempuan 31 tahun itu membakar lilin khusus yang terbuat dari minyak esensial sehingga mengeluarkan bau aroma yang menenangkan.

Konon, favorit menantu Pangeran Charles alias Prince of Wales itu adalah lilin aroma buchu, tanaman langka yang banyak tumbuh di Afrika Selatan.  "Setiap hari Duchess of Cambridge sengaja membakar lilin itu sehingga menebarkan aroma buchu di seantero Kensington Palace," kata sumber di kediaman Middleton.

Berkat aroma tersebut, alumnus University of St Andrews tersebut bisa mengatasi rasa mual dan pusing yang biasanya menyerang dirinya pada pagi hari. Kabarnya, tanaman buchu mengeluarkan bau yang mirip dengan aroma buah blackcurrant.

Di daerah asalnya, tanaman buchu biasa digunakan sebagai obat sakit perut, baik yang terkait dengan saluran pencernaan maupun perkemihan. Warga Afrika Selatan biasanya memanfaatkan daun tanaman yang tumbuh di antara semak-semak itu sebagai jamu. Namun, ada juga yang mengeringkan daun buchu dan lantas menyeduhnya seperti minum teh. 

Selain rutin membakar lilin aromaterapi, Middleton juga mengubah asupan makanannya untuk mengurangi morning sickness. Sejauh ini, dia berusaha mengatasi rasa mualnya dengan banyak mengonsumsi makanan alami. Misalnya, buah kurma dari Turki dan biskuit lavender. Kakak ipar Pangeran Harry itu beruntung karena Kerajaan Inggris memasok kebutuhan-kebutuhan khususnya tersebut.

Neom Organics, perusahaan produsen lilin aromaterapi asal Inggris, menyebut bahwa pihaknya akan memroduksi lilin yang beraroma buchu. Rencananya, mereka akan memasarkan produk yang menjadi kebutuhan Middleton itu mulai bulan ini. Karena terbuat dari minyak esensial dan tumbuhan alami, harga satuan lilin itu tidak akan murah. Yakni, sekitar 39,5 poundsterling atau sekitar Rp 600 ribu.

"Agar berfungsi maksimal, lilin itu sebaiknya dibakar selama dua sampai empat jam setiap hari," ungkap jubir Neom Organics lewat situs resminya. Saat ini produsen lilin aromaterapi tersebut memasarkan tiga macam aroma. Yakni, English Lavender, Sweet Basil dan Jasmine. Selain membakar lilin, morning sicknes biasanya juga berkurang dengan mengonsumsi minuman jahe dan membaui irisan lemon. (dailymail/hep/dwi)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ledakan Truk Petasan Runtuhkan Jembatan Layang Terpanjang

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler