Bamsoet dan GERAK BS Bagikan Santunan dan Pengecekan Gula Darah Gratis di Wilayah Ini

Kamis, 06 April 2023 – 23:05 WIB
Pengurus GERAK BS menyelenggarakan penyerahan santunan dan pengecekan gula darah gratis di Posyandu Seruni Lansia, dan Posyandu Pisang Lampung Balita, di kawasan Patal Senayan, Jakarta. Foto: Dokumentasi Humas GERAK BS

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet bersama Ketua Umum dan pengurus Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS) Aroem Alzier menyelenggarakan penyerahan santunan dan pengecekan gula darah gratis di Posyandu Seruni Lansia, dan Posyandu Pisang Lampung Balita, di kawasan Patal Senayan, Jakarta.

Kegiatan tersebut dihadiri 70 lebih lansia dan anak-anak yang memeriksakan kesehatannya.

BACA JUGA: Bamsoet Ajak Dubes Jepang Kanasugi Kenji Kembangkan Sister Circuit Sentul dan Suzuka

Santunan yang diberikan, berupa sembako yang terdiri dari beras, kecap, teh, minyak, mi instan, ditambah kurma sebagai hidangan khas Ramadan.

"Pemeriksaan gula darah, khususnya bagi lansia sangat penting sehingga bisa mendeteksi dini berbagai kemungkinan penyakit, seperti diabetes yang sangat rentan diidap Lansia," kata Bamsoet, Kamis (6/4).

BACA JUGA: Apresiasi Kepedulian GERAK BS Bali, Ketua MPR Bambang Soesatyo Sampaikan Hal Ini

Menurut Bamsoet, pembagian santunan dan pengecekan gula darah gratis menjadi terobosan bagi GERAK BS.

"Setelah selama ini aktif membantu penanggulangan bencana alam, santunan untuk anak yatim dan dhuafa, kini GERAK BS juga menyasar gerakan sosial kemanusiaan untuk membantu kesehatan lansia," imbuhnya.

Ketua ke-20 DPR itu menyebutkan jumlah lansia di Indonesia diperkirakan sudah mencapai 30 juta jiwa.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mencetuskan konsep active ageing pada 2002, yakni proses penuaan yang tetap sehat serta optimal secara fisik, sosial, dan mental sehingga dapat tetap sejahtera sepanjang hidup dan berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kualitas hidup sebagai anggota masyarakat.

"Untuk mewujudkan active ageing tersebut, bukan hanya menjadi tugas negara. Melainkan juga tugas kita bersama, melalui berbagai aksi dan kegiatan sosial sebagaimana yang telah dilakukan GERAK BS melalui santunan dan pengecekan gula darah," ujar Bamsoet.

Dalam berbagai aksi sosial kemanusiaan, kata Bamsoet, GERAK BS selalu membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan.

Hal ini menunjukkan sikap egaliter dan sifat inklusif dari GERAK BS.

"Melalui karakter organisasi tersebut, GERAK BS mampu membangun jaringan (networking) dengan institusi dan organisasi lainnya," tegas Bamsoet.

Dari mulai lembaga negara, seperti BNPB, Posyandu, maupun organisasi kemasyarakatan lainnya telah menjadi mitra strategis bagi GERAK BS dalam memajukan ikatan solidaritas kebangsaan.

"Khususnya dalam membantu meringankan beban saudara sebangsa yang membutuhkan" pungkas Bamsoet.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain Ketua RW 07 Grogol Utara Ningga Siagian, dan Ketua Posyandu Pisang Lampung Rosidah.

Kemudian dari pengurus GERAK BS yang hadir, di antaranya Lenny Bamsoet, Sekjen Gerak BS Ratu Dian Hatifah, Andri Noviar, dr Zainny, dr Flora, serta Susan Jane. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler