Bamsoet Dorong Tarung Derajat Jabar Tingkatkan Pelatihan dan Pembinaan

Sabtu, 05 Maret 2022 – 20:01 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat mengukuhkan dan melantik pengurus Kodrat Jawa Barat di Bandung, Sabtu (5/3). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BANDUNG - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) Bambang Soesatyo mengukuhkan dan melantik pengurus Kodrat Jawa Barat 2021-2025 di bawah kepemimpinan Yerry Yanuar.

Kodrat Jabar Didukung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai Ketua Dewan Pembina sesuai SK PB KODRAT Nomor: 005/SK/PB.KODRAT/XI/2021.

BACA JUGA: Bamsoet Dukung Pemuda Pancasila Sukseskan Pilkada Serentak 2024

Kodrat Jawa Barat harus bisa memaksimalkan potensinya untuk memberikan yang terbaik bagi kemajuan olahraga seni bela diri tarung derajat.

Di Jawa Barat, tarung derajat dilahirkan Sang Guru Achmad Dradjat (Aa Boxer) sebagai olahraga seni bela diri khas Indonesia.

BACA JUGA: Bamsoet Bagi Kiat Sukses kepada Rizky Billar dan Lesti Kejora, Begini

Bagi pengurus Kodrat Jawa Barat, tugas dan tanggung jawab melestarikan tarung derajat sebagai warisan budaya dan kearifan lokal memiliki makna mendalam.

"Pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX Oktober 2021, Jawa Barat meraih Juara Umum dengan mendapatkan 133 emas, 105 perak, dan 115 perunggu,'' ujar Bamsoet.

BACA JUGA: Bamsoet Dukung Pembangunan Kertajati Aircraft Maintenance

Untuk tarung derajat, Jawa Barat mengantongi satu medali emas, tiga perak, dan empat perunggu.

Prestasi tersebut sangat bisa ditingkatkan melalui pembinaan dan pelatihan yang intensif.

Hal itu dikatakan Bamsoet saat mengukuhkan dan melantik pengurus Kodrat Jawa Barat, Bandung, Sabtu (5/3).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, dalam memajukan tarung derajat, diperlukan langkah konkret dan strategis melalui pembinaan dan penjaringan atlet berprestasi.

Kemudian, regenerasi yang kontinu, dukungan sarana dan prasarana yang memadai, hingga memfasilitasi jam terbang melalui penyelenggaraan berbagai ajang kompetisi secara rutin.

Setelah PON XX di Papua, keluarga besar Kodrat akan menyongsong penyelenggaraan Popnas XVI 2023 di Sumatera Selatan dan Kepulauan Bangka Belitung.

Dilanjutkan PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

"PB Kodrat bersama Pengurus Provinsi Kodrat di berbagai daerah juga akan mendorong agar tarung derajat menjadi kegiatan ekstrakurikuler di setiap tingkat pendidikan,'' ungkapnya.

Selain itu, pihaknya memperjuangkan tarung derajat agar bisa masuk cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games XXXII yang diselenggarakan di Kamboja pada 2023.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, seiring situasi pandemi Covid-19 yang makin terkendali, PB Kodrat dan pengurus akan menyelenggarakan ekshibisi pertarungan di berbagai mal maupun pusat kegiatan publik.

Lalu, mengajak para selebritas seperti, Atta Halilintar, Raffi Ahmad, hingga Irfan Hakim.

"Sehingga tarung derajat bisa semakin berkembang dan dikenal masyarakat luas dari berbagai kalangan. Tidak kalah populer dengan seni bela diri dari berbagai negara, seperti Thailand dengan muay thai dan Korea dengan taekwondo,'' ucap Bamsoet.

Bamsoet memastikan filosofi tarung derajat yang pada hakikatnya mengedepankan prinsip memanusiakan manusia melalui olah tubuh, olah pikiran, dan olah nurani dapat terus dijaga sebagai nilai budaya bangsa. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler