Bamsoet Dukung Pembangunan Kertajati Aircraft Maintenance

Kamis, 03 Maret 2022 – 21:26 WIB
Ketua MPR RI Bamsoet saat menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT ACN Aero Teknik dengan BIJB di BIJB, Kertajati, Majalengka, Kamis (3/3). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, MAJALENGKA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) bersama Komisaris PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Yayat Hidayat dan Direktur Utama BIJB Muhammad Singgih menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT ACN Aero Teknik.

Melalui perjanjian kerja sama ini, PT ACN Aero Teknik akan membangun Kertajati Aircraft Maintenance di kawasan BIJB dan Kertajati One Stop Experience Facility di Terminal BIJB.

BACA JUGA: Bamsoet Ajak Komunitas Otomotif Melihat Langsung Gelaran MotoGP Indonesia

Mengembangkan BIJB agar makin hidup serta memberikan nilai tambah ekonomi, baik dalam pembukaan lapangan pekerjaan maupun multiplier effect economy lain bagi Jawa Barat.

Selain itu, memaksimalkan berbagai potensi di BIJB agar tak mati suri karena pembangunannya dilakukan menggunakan uang rakyat.

BACA JUGA: Hadiri HUT Ke-19 KBPP Polri, Bamsoet Minta Tingkatkan Kewaspadaan

Bamsoet menyaksikan penandatanganan perjanjian kerja sama antara PT ACN Aero Teknik dengan BIJB di BIJB, Kertajati, Majalengka, Kamis (3/3).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, kehadiran Kertajati Aircraft Maintenance menjadikan Indonesia makin berdaulat.

BACA JUGA: Bamsoet Minta Pemerintah Buat Aturan soal Digital Trading

Khususnya dalam bidang MRO. Hingga saat ini sekitar 46 persen pesawat yang beroperasi masih melakukan perawatan di luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura.

Selain membutuhkan pembiayaan yang lebih mahal, menyebabkan perputaran uang berada di luar negeri. Tidak dinikmati Indonesia.

"Kehadiran Kertajati Aircraft Maintenance akan membuat transformasi teknologi informasi aviasi dan kedirgantaraan Indonesia makin berkembang pesat. Membuka sekitar 300 lebih lapangan pekerjaan baru," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Asia Cargo Network yang menaungi PT ACN Aero Teknik telah melakukan banyak usaha menghidupkan BIJB.

Pada 21 Desember 2021, misalnya, Asia Cargo Airlines dan Black Stone Cargo Airline menjadi penerbangan kargo perdana yang beroperasi di BIJB setelah terhentinya operasional BIJB akibat pandemi Covid-19 sejak Maret 2022.

"Hingga saat ini, per hari ada sekitar dua kali penerbangan, terdiri dari 1 kali penerbangan outgoing dan 1 kali penerbangan incoming selama 5 hari dalam seminggu.

Jadi, penerbangan setiap bulan mencapai 40 penerbangan, terdiri dari 20 penerbangan outgoing dan 20 penerbangan incoming, dengan muatan rata-rata 500 ton per bulan,'' ujar Bamsoet.

 Selain menghidupi aktivitas bandara, juga telah menghidupi operasional bandara sehingga para pekerja tidak perlu dirumahkan. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler