Bamsoet Dukung Usulan Jokowi Dianugerahi Gelar Bapak Otomotif Indonesia

Kamis, 17 Maret 2022 – 22:55 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendukung usulan Gubernur Kepri Ansar Ahmad agar Presiden Jokowi dianugerahi gelar Bapak Otomotif Indonesia. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, BINTAN - Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad mengusulkan Presiden Jokowi dianugerahi gelar Bapak Otomotif Indonesia.

Sebab, Jokowi berhasil membangun Pertamina Mandalika International Street Circuit.

BACA JUGA: Bamsoet: IMI dan Gallant Venture Berkolaborasi Bangun Sirkuit Bintan

Hal itu menginspirasi para gubernur, termasuk di Kepulauan Riau, untuk turut membangun sirkuit bertaraf internasional. Misalnya, Sirkuit Internasional Bintan.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung usulan tersebut.

BACA JUGA: Bamsoet: Pasar Otomotif Indonesia Sangat Menggiurkan

"Sirkuit Mandalika yang dibangun Presiden Jokowi menjadi pemantik bangkit kembalinya geliat olahraga balap tanah air,'' ucapnya.

Setelah absen 25 tahun, akhirnya Indonesia bisa kembali menjadi tuan rumah kejuaraan bergengsi dunia MotoGP dan World Superbike.

BACA JUGA: Bamsoet dan Jokowi Menjamu Pembalap MotoGP dengan Wedang Jahe di Istana Negara

Semangat tersebut diharapkan menulari Sirkuit Bintan yang ditargetkan selesai dibangun dalam dua tahun untuk bisa menghadirkan balapan Formula 1 di tanah air.

''Sehingga semakin meneguhkan posisi Indonesia sebagai rumah bagi kejuaraan balap otomotif dunia," ujar Bamsoet.

Hal itu dikatakannya di sela acara penandatanganan nota kesepahaman IMI dan Gallant Venture Pte LTD di Bintan, Kamis (17/3).

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, kecintaan Jokowi terhadap dunia otomotif juga diperlihatkan dengan hobinya mengoleksi motor modifikasi dari builder dalam negeri.

"Presiden Jokowi turut mengenalkan motor modifikasi Kawasaki W175 Bobber miliknya kepada para pembalap MotoGP di Istana Merdeka beberapa hari lalu,'' ungkapnya.

Motor tersebut sebelumnya digunakan Jokowi saat mencoba lintasan Sirkuit Internasional Mandalika pada November 2021 dan jalanan By Pass Bandara Internasional Lombok menuju kawasan Sirkuit Internasional Mandalika pada Januari 2022.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, di era pemerintahan Presiden Jokowi, industri otomotif makin tumbuh pesat.

Hal ini ditandai dengan meningkatnya ekspor produk otomotif Indonesia yang mencapai 80 negara, bahkan sudah menembus pasar Australia.

Kepercayaan industri otomotif dunia terhadap Indonesia makin meningkat.

Pada 16 Maret, Jokowi meresmikan pabrik Hyundai Manufacturing Indonesia di Deltamas, Cikarang Tengah, Jabar.

''Hyundai Motor Company juga sudah menyatakan komitmennya memindahkan kantor pusat regional Asia Pacific dari semula di Mutiara Damansara, Kuala Lumpur, Malaysia, ke Indonesia," terang Bamsoet.

Ketua umum Ikatan Motor Indonesia ini menambahkan, tidak hanya dari sisi infrastruktur balap, modifikasi otomotif, hingga industri otomotif yang telah tumbuh pesat.

Perhatian pemerintah dari sisi pembinaan atlet balap makin meningkat.

''Contohnya, Indonesia memiliki Sean Gelael yang menjadi juara kedua dunia FIA Endurance Trophy for LMP2 Drivers dan atlet balap lain yang disponsori perusahaan BUMN,'' tandas Bamsoet. (mrk/jpnn)


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler