Bamsoet Minta Pemerintah Pertimbangkan Kembali Penerapan New Normal

Selasa, 02 Juni 2020 – 19:03 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR Bambang Soesatyo menyoroti angka positif corona di lima provinsi, yakni Jawa Timur, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan, yang terus mengalami kenaikan.

Menurut dia, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama pemerintah daerah perlu meningkatkan upaya penanganan dan pengendalian Covid-19 di setiap daerah.

BACA JUGA: Update Corona 2 Juni: Kabar Baik dari Yurianto untuk Jakarta

"Dengan tetap memberikan informasi kepada masyarakat untuk mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan dan physical distancing, terutama di lima provinsi tersebut guna menekan jumlah kasus pasien positif Covid-19," katanya, Selasa (2/6).

Legislator Partai Golkar yang karib disapa Bamsoet itu meminta pemerintah meningkatkan kapasitas tes Covid-19, baik rapid tes maupun polymerase chain reaction (PCR) terutama di lima daerah tersebut secara masif.

BACA JUGA: Epidemiolog Menilai Belum Ada Wilayah di Indonesia yang Layak Menerapkan New Normal

"Dengan begitu jangkauan pemerintah dalam mendeteksi Covid-19 semakin luas dan dapat mempercepat penanganan Covid-19," ungkapnya.

Lebih lanjut Bamsoet mendorong pemerintah mempertimbangkan kembali rencana memberlakukan kebijakan new normal.

BACA JUGA: Pembatalan Haji Diputuskan Sepihak Menag, DPR Meradang

Dia mengingatkan bila dipaksakan di tengah kondisi atau yang belum mereda, khususnya di daerah-daerah yang masih memiliki lonjakan kasus positif corona, berpotensi menyebabkan adanya gelombang kedua dari pandemi Covid-19.

"Dan akan sulit untuk dikendalikan," tegasnya.

Bamsoet mengatakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 bersama pemda untuk melakukan evaluasi terkait perkembangan kasus Covid-19 di setiap daerah dengan didukung oleh yang akurat dan riil.

"Sehingga upaya penanganan dan pencegahan dapat berjalan dengan lancar dan optimal," jelasnya. (Boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
New Normal   Bamsoet   Covid-19   Corona  

Terpopuler