Bamsoet Sebut Ribuan Tamu Akan Hadir di Sidang Tahunan MPR 2024 Besok

Kamis, 15 Agustus 2024 – 20:41 WIB
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan MPR siap menggelar Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 pada Jumat (16/8). Foto: dok MPR RI

jpnn.com, JAKARTA PUSAT - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) memastikan MPR siap menggelar Sidang Tahunan MPR Tahun 2024 pada Jumat (16/8) pukul 09.30 WIB di Gedung Nusantara Kompleks Gedung DPR/MPR/DPD.

Presiden Joko Widodo akan hadir dan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2024.

BACA JUGA: Sidang Tahunan MPR, Presiden dan Wapres Terpilih Bakal Hadir

"Sidang Tahunan MPR menjadi forum untuk menegakkan kedaulatan rakyat, mengembangkan demokrasi, sekaligus wahana untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga negara sebagai pelaksana kedaulatan rakyat," ujar Bamsoet seusai meninjau persiapan pelaksanaan Sidang Tahunan MPR di Gedung Nusantara Kompleks Gedung DPR/MPR/DPD Jakarta, Kamis (15/8).

Wakil Ketua Partai Golkar itu memaparkan, Sidang Tahunan MPR akan diselenggarakan bersama DPR dan DPD.

BACA JUGA: MPR Akan Gelar Sidang Tahunan, Siti Fauziah: Perlu Sinergi Antar-Unit Kerja

Sidang Tahunan MPR akan dihadiri kurang lebih 2.022 undangan, yang terdiri dari 1.222 undangan di dalam Gedung Nusantara dan 800 tamu undangan yang ditempatkan di area plaza Gedung Nusantara IV Komplek Gedung DPR/MPR/DPD.

Undangan terdiri dari presiden dan wakil presiden, mantan presiden dan mantan wakil presiden, mantan Ketua MPR/DPR/DPD, pimpinan lembaga negara, seluruh anggota MPR, menteri Kabinet Indonesia Maju, pejabat setingkat menteri, ketua umum partai politik, ketua lembaga pemerintah non-kementerian dan badan-badan, pimpinan Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR, ketua ormas keagamaan, serta perwakilan teladan dari seluruh tanah air.

BACA JUGA: Nota Keuangan Sidang Tahunan 2023-2024, Ini Perincian Kenaikan Gaji PNS

"Berbagai persiapan telah dilakukan oleh MPR untuk memastikan agenda Sidang Tahunan MPR 2024 berjalan lancar dan sukses, antara lain melalui pertemuan konsultasi dengan Presiden RI pada 28 Juni 2024. Untuk memantapkan persiapan, tadi sudah dilaksanakan gladi bersih di Gedung Nusantara Komplek Gedung DPR/MPR/DPR RI," kata Bamsoet.

Menurut dia, selain agenda Sidang Tahunan MPR 2024, MPR juga akan menyelenggarakan beberapa agenda nasional.

Adapun agenda itu antara lain seminar nasional dengan dalam rangka Hari Konstitusi serta peringatan Hari Konstitusi pada 18 Agustus yang akan diselenggarakan di Gedung Nusantara IV Komplek Gedung DPR/MPR/DPD.

Presiden Jokowi direncanakan hadir dalam peringatan Hari Konstitusi.

"Peringatan Hari Konstitusi tanggal 18 Agustus, merupakan rangkaian kesejarahan yang tidak terpisahkan dengan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni, dan Hari Kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus. Tanggal 18 Agustus adalah momentum yuridis konstitusional atas kelahiran Negara Kesatuan Republik Indonesia. Di tanggal yang sama, Bung Karno dan Bung Hatta dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang pertama," urai Bamsoet.

Dia menambahkan dalam rangka Hari Konstitusi, MPR RI juga mengadakan lomba karya jurnalistik bekerja sama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP).

Peserta lomba adalah Anggota KWP 2024, yakni jurnalis media cetak dan online yang terverifikasi Dewan Pers.

"Masih dalam rangkaian peringatan HUT ke-79 MPR, akan diselenggarakan Fun-Walk dan Fun-Run yang akan digelar pada pada tanggal 31 Agustus 2024, di lapangan halaman Gedung Nusantara III dan IV Komplek Gedung DPR/MPR/DPD. Selain itu, dilaksanakan pula Pameran Perpustakaan MPR RI pada tanggal 29 hingga 31 Agustus 2024 yang diikuti oleh perpustakaan dari BPK, DPD, Komisi Yudisial, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Perpustakaan Nasional dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta," pungkas Bamsoet. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fadel Muhammad Sampaikan Catatan di Balik Kelancaran Sidang Tahunan MPR


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, JPNN.com

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler