Bamusi: Pesantren Bisa Kembalikan Nilai-Nilai Pancasila

Rabu, 02 Mei 2018 – 19:23 WIB
Falah Amru. Foto: Istimewa for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Organisasi sayap PDI Perjuangan, PP Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) menilai pesantren masih tertinggal dibandingkan lembaga pendidikan lainnya karena belum memiliki payung hukum yang memadai.

Sekretaris Umum PP Bamusi Nasyirul Falah Amru mengatakan, lembaga pendidikan keagamaan dan pesantren selama ini sudah menjadi subsistem pendidikan nasional.

BACA JUGA: Hardiknas, Sandi Janji Pendidikan Berkualitas di Jakarta

"Namun landasan hukum yang dijadikan pijakan selama ini belum menyentuh secara konkret pada ranah lembaga pendidikan keagamaan dan pesantren secara spesifik,” kata Falah, Rabu (2/5).

Pria yang akrab disapa Gus Falah ini mengatakan pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam tertua. Pesantren telah banyak berperan dalam kehidupan mencerdaskan bangsa.

BACA JUGA: 80 Perguruan Tinggi Terhubung Pembelajaran Online

Selain itu, pesantren juga memperkukuh kembali nilai Pancasila dalam kehidupan bernegara terutama sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Disadari atau tidak, lanjut dia, dinamika sekarang sudah terjadi penggerusan nilai-nilai Pancasila.

"Sehingga keberadaan pendidikan pesantren menjadi mutlak harus diperhatikan oleh negara untuk mewujudkan cita-cita nasional,” kata Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini.

BACA JUGA: Hardiknas 2018: Angka Kekerasan di Sekolah Masih Tinggi

Dia menjelaskan Rancangan Undang-undang (RUU) Pendidikan Keagamaan dan Pesantren atau RUU Pesantren yang sedang dibahas di DPR bisa menjadi payung hukum untuk kemajuan pesantren.

Dia berharap pesantren dan pendidikan keagamaan lainnya bisa menjadi instrumen penting untuk mewujudkan revolusi mental yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pesantren juga bisa mencegah dan menjadi benteng masuknya paham radikalisme serta ideologi lainnya yang bertentangan dengan Pancasila,” katanya.

Gus Falah menambahkan dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), lembaga pendidikan pesantren juga harus lebih memperbanyak memberikan pengetahuan umum bagi para santrinya. Hal ini berguna bagi para santri untuk bisa bersaing dengan lulusan dari lembaga pendidikan lain.

“Lulusan-lulusan pesantren dengan adanya tambahan pengetahuan umum bisa ikut terjun di tengah masyarakat demi kemajuan bangsa dan negara,” tutup anggota Komisi VII DPR Fraksi PDI Perjuangan itu. (boy/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Calon Ketua KNPI Berharap Mutu Pendidikan Terus Ditingkatkan


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler