Ban Digembosi, Rp 315 Juta Raib

Jumat, 02 Maret 2012 – 07:17 WIB

TANGERANG - Aksi perampokan dengan modus gembos ban, kemarin (1/3) terjadi di wilayah Kota Tangerang. Apes dialami Ronny Sebastian Libertus, 41, warga Perumahan Modernland, Jalan Bukit Golf XII, Blok GG, No 6/23, Kota Tangerang yang kehilangan uang Rp 315 juta. Peristiwa yang terjadi pukul 13.00 itu berlangsung setelah Ronny mengambil uang di Bank BCA Cabang Modernland.
 
Dari informasi yang dihimpun, usai mengambil uang di Bank BCA yang berjarak 500 meter dari rumahnya itu, Ronny melintas di Jalan Golf Raya Moderland, Kelurahan Kelapa Indah, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang menuju kantornya. Tiba-Tiba karyawan PT Moderland ini merasakan ban belakang mobil Daihatsu Terios bernopol B 1993 CFQ yang dia kendarai kempis.

Dia lantas menepikan mobil berwarna abu-abu metalik tersebut. Setelah turun dari mobil, Ronny langsung mengganti ban yang kempis dengan ban serep. Rupanya, dia tidak sadar saat proses penggantian ban itu tengah diintai perampok.
Rupanya, Ronny sudah diikuti dua perampok dengan mengendarai motor sesaat keluar dari Bank BCA.

Usai mengganti ban, Ronny kaget lantaran tas ransel hitam berisi uang yang dia letakkan di jok depan bagian kiri mobilnya raib. "Saya tidak tahu siapa yang mengambil. Saya juga tidak melihat siapa-siapa. Tahu-tahu tas hitam berisi uang ratusan juta sudah hilang," terangnya.

Ronny mengaku saat mengganti ban mobil, memang ada pengendara sepeda motor dan mobil yang mengklakson dirinya. "Tapi saya tidak hiraukan. Karena saya fokus mengganti ban. Mungkin itu pemberitahuan dari pengendara mobil kalau ada orang yang hendak mengambil tas saya," ucapnya juga.

Setelah kejadian, Ronny menghubungi security Perumahan Modernland lalu ditindaklanjuti ke kepolisian. Beberapa menit kemudian, belasan polisi tiba di lokasi dan menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) serta mengambil sidik jari pelaku.

Kapolsek Tangerang Kompol Iman mengatakan uang yang baru diambil Ronny rencananya untuk keperluan kantornya. Ronny diketahui bekerja di bagian pertanahan. "Kasus perampokan ini masih kami selidiki. Tim Resmob sudah memburu pelaku," terangnya.

Imam juga mengatakan melihat operasi yang begitu rapi dan cepat, dia memastikan kalau aksi perampokan itu sudah direncanakan. "Sepertinya para perampok itu sudah mengintai. Itu bisa dilihat aksi dilakukan di jalan Perumahan Modernland yang memang sepi," ucapnya. Iman juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak mengambil uang dalam jumlah besar, sebaiknya meminta pengawalan dari kepolisian terdekat. (gin)


Tips Hindari Perampokan Bermodus Gembos Ban

1.    Jangan pernah menghentikan kendaraan walau ban kempis di lokasi yang sepi.
2.    Jika terpaksa turun dari mobil untuk mengganti ban, pastikan semua pintu kendaraan dalam posisi terkunci.
3.    Masukan semua barang berharga ke dalam  dashboard mobil.
4.    Ketiga, bila hendak ke bengkel usahakan yang ada satpamnya.
5.    Terakhir, minta pengamanan polisi bersenjata bila mengambil uang dengan jumlah besar dari bank.
BACA ARTIKEL LAINNYA... Napi Diduga Tewas Dianiaya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler