Bandara Gatot Subroto Way Kanan Bakal Beroperasi, Agus Fatoni: Pemda Harus Lakukan Promosi

Selasa, 26 Maret 2024 – 10:45 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni saat memimpin Rapat Koordinasi Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan melalui zoom meeting, Jumat (22/3/2024). Foto: Pemprov Sumsel

jpnn.com, PALEMBANG - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni perjuangan reaktivasi Bandara Gatot Way Kanan hingga beroperasi akhirnya berbuah manis.

Pasalnya, Fatoni menyebut maskapai penerbangan Citilink telah setuju beroperasi di bandara itu jika nantinya kembali dioperasikan secara komersil.

BACA JUGA: Bandara Gatot Subroto Way Kanan Segera Beroperasi, Ini Imbauan Pj Gubernur Agus Fatoni

“Dari seluruh rangkaian yang sudah kami buka terakhir sekali kemarin tim dari Provinsi Lampung, Sumsel, dan Way Kanan sudah bertemu dengan Dirut Citilink membahas tentang penerbangan Way Kanan dan sudah disetujui mereka akan beroperasi dari Halim ke Way Kanan,” kata Fatoni dalam Rapat Koordinasi Percepatan Reaktivasi Bandara Gatot Subroto Way Kanan melalui zoom meeting, Jumat (22/3/2024).

Ini merupakan sebuah kabar gembira bagi seluruh pihak yang memperjuangkan reaktivasi bandara yang berlokasi di perbatasan antara Provinsi Sumsel dan Lampung itu.

BACA JUGA: Gerak Cepat, Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Tuntaskan Polemik Penunjukan Plt Kepala OPD

Maskapai Citilink akan beroperasi selama dua kali dalam seminggu dengan rute Jakarta - Way Kanan.

“Telah disepakati ada dua kali penerbangan dalam seminggu, dan itu pada jam yang bagus, dari Halim jam 10 terus langsung kembali jam 11 lewat dari Way Kanan. Jadi dalam seminggu akan ada dua kali,” ucap Fatoni.

BACA JUGA: Pj Gubernur Agus Fatoni Dorong Percepatan Penyelesaian Tol Betung-Bayung Lencir

Dia berharap rute penerbangan tersebut dapat segera beroperasi sebelum momen lebaran.

Namun, hal itu tentu tergantung kesiapan seluruh pihak.

“Kami berharap penerbangan sudah bisa beroperasi sebelum lebaran. Ini tergantung kesiapan kami semua,” kata Fatoni.

Terkait hari keberangkatan dan tarif penerbangan hingga saat ini belum diputuskan. Fatoni menyarankan agar penerbangan pada Minggu dan Kamis.

“Saya usul itu mungkin bisa Minggu, Selasa, dan Kamis. Minggu untuk rapat di Jakarta pada Senin. Kemudian Kamis mungkin bisa untuk rapat di hari Jumat. Itu misal penerbangan tiga hari. Kalau hanya dua hari, saya menyarankan Minggu dan Kamis,” kata Fatoni.

Selanjutnya, hal lain yang perlu disiapkan adalah terkait penumpang yang nantinya akan mengisi kapasitas tersebut.

Fatoni mengimbau para Pemda sekitar seperti Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, dan Lampung Barat yang hendak melakukan perjalanan dinas ke Jakarta agar menggunakan Bandara Gatot Subroto Way Kanan.

“Setelah ini Pak Sekda bisa memimpin untuk membagi penumpang tadi, misal Way Kanan 15 penumpang, kemudian OKU Timur 15 orang, OKU Selatan berapa, Lampung Barat berapa,” ucap Fatoni.

“Penumpang bisa dari ASN atau PNS yang sedang melakukan perjalanan dinas atau masyarakat juga bisa, tetapi harus dipastikan itu bisa dari daerah,” sambungnya.

Fatoni menyarankan Pemda sekitar Bandara Gatot Subroto Way Kanan untuk menggencarkan promosi reaktivasi bandara tersebut.

“Kami harus melakukan promosi melalui flyer, spanduk, medsos segera disiapkan,” kata Fatoni.

Oleh karena itu, Fatoni meminta kesiapan seluruh pihak untuk segera melakukan pergeseran anggaran yang telah disepakati dalam MoU sebelumnya.

“Ini yang perlu segera disiapkan dengan mekanisme pergeseran anggaran yang berasal dari Biaya Tak Terduga (BTT). Kalau BTT enggak cukup bisa ditopup dari sisa kegiatan atau bisa diambil dari uang kas yang ada, jadi dilihat dulu BTT cukup atau tidak,” jelas Fatoni.

“Kalau cukup bisa langsung dilakukan pergeseran anggaran dan dialokasikan ke bantuan keuangan bersifat khusus ke Way Kanan dan dari Way Kanan bisa mekanisme subsidi kepada maskapai,” sambungnya. (jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pj Gubernur Agus Fatoni Bawa Kabar Gembira soal Maskapai Citilink


Redaktur : Dedi Sofian
Reporter : Dedi Sofian, Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler