Bandara Soetta Sudah Normal, Tak ada Pergeseran Jadwal

Senin, 17 Desember 2012 – 14:44 WIB
JAKARTA -- Penerbangan dari dan ke Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kembali normal. Sejak pukul 19.15 Minggu (16/12) hingga saat ini,  sistem back-up pada sistem pemanduan otomatis lalu lintas udara Jakarta Automated Air Traffic System (JAATS) telah berfungsi kembali .

”Alhamdulillah, setelah pulih kembali pada Minggu malam, sistem pada JAATS tidak lagi mengalami gangguan," kata Corporate Secretary PT Angkasa Pura II, Trisno Heryadi, Senin (17/12).

Ia menegaskan tidak ada lagi pergeseran jadwal penerbangan dari dan ke Soetta.
"Semua telah kembali normal seperti sedia kala sejak penerbangan penerbangan pertama hari ini,” jelasnya.

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, sistem pemanduan lalu lintas udara otomatis JAATS mengalami gangguan akibat kerusakan. Hal tersebut diakibatkan adanya kerusakan yang terjadi pada perangkat UPS yang mendukung pasokan energi listrik keperangkat komputer pendukung kerja pemanduan pesawat pada Minggu, 16 Desember 2012, pukul 16.55 WIB.

Insiden tersebut mengakibatkan sistem tidak dapat bekerja selama 15 menit. Dengan alasan keselamatan guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, petugas menara kontrol memutuskan untuk membatasi jumlah pendaratan dan lepas landas di Bandara Soekarno-Hatta, serta melakukan pola pemanduan pesawat secara prosedural (non-radar).

Selanjutnya, tepat pada pukul 17.10 WIB, pasokan listrik terhadap perangkat pemanduan otomatis JAATS telah pulih kembali dan sistem langsung melakukan proses start-up dan me-recovery seluruh data penerbangan.  Sebelumnya, pukul 18.05 WIB sistem telah berhasil melakukan recovery secara total, dan menara kontrol secara bertahap langsung membuka kegiatan lepas landas dan pendaratan.

"Tepat pukul 19.15, seluruh kegiatan operasional penerbangan dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta normal kembali, sampai saat ini,” imbuh Trisno Heryadi.
Hingga saat ini manajemen PT Angkasa Pura II masih melakukan investigasi untuk menelusuri penyebab insiden kemarin, serta terus melakukan penyempurnaan agar pelayanan tidak terganggu kembali. (boy/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Giliran UMSP DKI Ditolak Pengusaha

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler