Bang Edi Puji Polri Anugerahi Presiden Medali Kehormatan Tertinggi

Senin, 14 Oktober 2024 – 18:53 WIB
Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan memuji langkah Polri menganugerahi Presiden Joko Widodo Medali Kehormatan Tertinggi, Loka Praja Samrakshana. Foto: ANTARA/Kodir

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan memuji langkah Polri menganugerahi Presiden Joko Widodo Medali Kehormatan Loka Praja Samrakshana.

Penganugerahan dilakukan pada apel kesiapan pengamanan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih, di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Senin (14/10). Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyerahkan langsung medali kehormatan tersebut ke Jokowi.

BACA JUGA: Pimpinan MPR RI Datangi Jokowi ke Istana, Ini yang Dibahas

Menurut Edi Loka Praja Samrakshana merupakan medali penghormatan Polri paling tinggi. Medali tersebut terakhir diberikan pada 1961 lalu.

"Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada kapolri yang telah memberikan medali kehormatan Loka Praja Samrakshana dan Jokowi juga telah diangkat menjadi warga kehormatan Brimob Polri. Medali ini adalah penghormatan polri tertinggi oleh Polri dalam bidang keamanan serta keselamatan publik," ujar Edi dalam keterangannya, Senin (14/10).

BACA JUGA: Jokowi Pimpin Apel Kesiapan Pengamanan Pelantikan Prabowo-Gibran

Menurut dosen program pascasarjana Universitas Bhayangkara, Jakarta ini, anugerah kehormatan diberikan atas dasar keputusan Kapolri Nomor Kep/1723/X/2024 tentang Tanda Kehormatan Keamanan dan Keselamatan Publik.

Edi lebih lanjut mengatakan berdasarkan penelitian yang dilakukan Lemkapi, Jokowi selama sepuluh tahun menjadi presiden banyak memberi perhatian dan sumbangsih besar membantu dan memajukan polri hingga bisa memberikan pelayanan yang optimal, sebagaimana tugas polri sebagai pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat.

BACA JUGA: Menpora Dito: Presiden Jokowi All Out Memajukan Olahraga RI Selama 10 Tahun Memimpin

Dia mengatakan kepercayaan dan kepuasan terhadap pelayanan polri di kepemimpinan Jenderal Pol Listyio banyak diapresiasi.
"Karena itu, kami menyambut baik penganugerahan medali tertinggi polri ini kepada Presiden Jokowi," ucapnya.

Lebih lanjut anggota Panitia Seleksi Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Periode 2024-2028 ini mengatakan hasil survei Lemkapi September 2024 memperlihatkan kepuasan masyarakat atas pembinaan keamanan oleh Presiden Jokowi berada pada angka 85.4 persen.

"Kami melihat rakyat puas atas pembinaan keamanan yang dilakukan Presiden Jokowi. Rakyat merasa nyaman dan aman," kata mantan anggota Kompolnas ini.(gir/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Prabowo Temui Jokowi di Sumber Solo


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler