Bang Okto Sebut KOI Bakal Libatkan IOC untuk Bangun Fasilitas Olimpiade 2036

Jumat, 18 November 2022 – 22:04 WIB
Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (18/11/2022). (ANTARA/Arindra Meodia)

jpnn.com, JAKARTA - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) angkat bicara soal pernyataan Presiden Joko Widodo tentang kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 di Ibu Kota Negara baru (IKN).

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari menyampaikan rasa bangga dan bersyukur atas pernyataan Presiden Jokowi pada kesempatan G20 beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Raja Sapta Oktohari: NOC Asean Sepakat Perbaiki Standar SEA Games

Pihaknya juga akan langsung mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan diri sebagai tuan rumah ajang olahraga tingkat dunia Olimpiade 2036.

Salah satunya KOI akan melibatkan Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk membangun fasilitas olahraga terkait event tersebut.

BACA JUGA: Klub Asal Georgia Undang PSIS Semarang Gelar Uji Tanding

Hal tersebut, menurut pria yang akrab disapa Okto itu, disambut baik oleh Presiden IOC Thomas Bach. Bahkan, IOC telah memberikan beberapa informasi mengenai langkah-langkah yang perlu diambil ke depan.

"Saya setelah ini akan duduk sama-sama lagi dengan Pak Erick dan Pak Menpora supaya apa yang disampaikan oleh IOC itu bisa segera kami laksanakan," ujar Okto di Jakarta, Jumat.

BACA JUGA: Pemilik Gudang BBM Ilegal Ini Ternyata Oknum TNI, Barang Buktinya Banyak Banget

"Pembentukan ini harus melibatkan orang yang kompeten, karena ini lumayan panjang, dan IOC sendiri sudah membuka diri agar Indonesia tidak salah langkah, karena salah langkah itu konsekuensinya biaya tinggi."

Lebih jauh, Okto mengatakan bahwa membangun dari awal di IKN justru lebih baik, sebab dapat dibangun sesuai dengan ekspektasi.

"Bahkan, rencananya kami mau melibatkan IOC dari awal, dari desain," kata Okto, menambahkan bahwa langkah itu juga diambil saat membangun Jakarta International Velodrome.

"Kita harapkannya ketika kita membuat fasilitas olahraga di IKN nanti, itu akan menjadi fasilitas yang terbaik di dunia."

"Dan, kami berkesempatan memperlihatkan konsep digital dari IKN kepada Thomas Bach, saya Pak Erick Thohir, Pak Menpora, itu memperlihatkan bagaimana perencanaan dari IKN itu dalam bentuk digital."

Dalam pengerjaan fasilitas olahraga tersebut, Okto optimistis Indonesia dapat menyelesaikan pembangunan tepat waktu dengan melihat pengalaman sebagai tuan rumah berbagai ajang internasional, salah satunya Asian Games pada 2018.

Nantinya, Okto mengungkapkan seluruh stadion olahraga akan dibangun terpusat di IKN.

"Pemerintah itu menyiapkan minimal 500 hektar hanya untuk fasilitas ini. GBK itu hanya 250 hektar-an dipotong-potong yang lain, dan itu pun katanya minimal 500 hektar," ujar Okto.(antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Budianto Hutahaean

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler