Bangga Program KUR Diakui Dunia

Sabtu, 11 Agustus 2012 – 00:44 WIB

JAKARTA - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Syarief Hasan mengklaim program Kredit Usaha Rakyat (KUR) mampu menekan angka kemiskinan. Bahkan menurutnya, program KUR telah diakui keberhasilannya oleh dunia internasional.

Menteri yang juga politisi Partai Demokrat itu mengatakan, baru-baru ini dirinya menghadiri acara forum kerjasama ekonomi negara-negara Asia Pasifik (APEC) di Rusia. "Di sana Indonesia mendapatkan penghargaan dari negara-negara APEC karena program KUR. Mereka mengakui itu (KUR)," kata Syarief dalam acara buka puasa bersama di Jakarta, Jumat (10/8).

Menurutnya, dunia mengakui keunggulan KUR sebagai kebijakan yang pro-rakyat. Dengan KUR, kata Syarief, pemerintah telah mendongkrak jumlah pelaku bisnis UKM yang kesulitan mendapatkan akses permodalan dari perbankan.

”Akses ke perbankan bagi pengusaha kecil menegah selama ini kan sulit. Dengan program itu semua jadi tidak lagi menjadi sulit

Selain itu, lanjut Syarief, pengakuan dunia terhadap KUR karena program tersebut dianggap mampu menekan angka kemiskinan. "KUR ini  mendorong pengembangan perekonomian kecil dan mampu mengurangi tingkat kemiskinan,” jelasnya.

Karenanya pria yang juga suami bekas presenter televisi Ingrid Kansil itu membantah jika KUR dianggap hanya program di atas kertas. Menurutnya, dunia internasional pun mengakui keseriusan pemerintah Indonesia menggarap koprasi dan UKM.

”Mereka juga kagum kok di Indonesia UMKM bisa memiliki gedung sendiri untuk memamerkan berbagai produk UMKM. Program ini menjadi program entepreneurship yang berhasil. Rasio kewirausahaan terhadap jumlah penduduk di Indonesia meningkat dari 0,18 menjadi 1,8 persen,” pungkasnya.(ara/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Kebut Pembangunan Rumah Pengungsi Eks Timtim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler