Bangga Promosikan Kebaya

Senin, 05 November 2012 – 10:32 WIB
Atiqah Hasiholan. Foto: Fedrik Tarigan/Jawa Pos
JAKARTA - Pamor kebaya di negeri sendiri tidak diragukan lagi. Makin beragamnya modifikasi kebaya membuat banyak perempuan makin bangga saat mengenakan busana nasional tersebut. Para selebriti juga kerap memakai kebaya di beberapa kesempatan. Salah satunya artis cantik Atiqah Hasiholan. Artis 30 tahun itu menyatakan tengah berkomitmen untuk mempromosikan kebaya.

"Aku memang suka kebaya. Kalau mau mengharumkan nama bangsa, ya kita bisa pakai kebaya. Dari hal-hal sederhana seperti ini, kita bisa mengenalkan Indonesia di mata dunia," urai Atiqah di sela-sela acara Jakarta Fashion Week (JFW), Plaza Senayan, kemarin (4/11).

Atiqah menuturkan melakukan hal sederhana tersebut ketika mempromosikan filmnya, Hello Goodbye, di ajang Busan Film Festival, Korea, beberapa waktu lalu. Dalam acara tersebut artis film Jamilah dan Sang Presiden tersebut mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie. Waktu itu, dia memakai rok batik panjang yang dipadu kebaya model Kartini. "Jadi, ada kerahnya gitu. Kesannya jadi berwibawa. Menurut aku, kebaya tersebut menunjukkan semangat perempuan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Atiqah yang didampingi sang kekasih sekaligus lawan mainnya, Rio Dewanto, mendapat apresiasi positif berkat gaun kebayanya. Banyak yang menanyakan gaun tersebut.

"Bagi mereka, aneh ya. Gaun apa ini" Tapi, respons mereka bagus-bagus. Banyak yang bilang unik. Memang, dari awal, aku pengin tampil dengan sesuatu yang unik. Jadi, aku ke sana nggak cuma promo film, tapi sekalian promo baju nasional kita. Aku jelasin ke mereka bahwa namanya baju kebaya, baju nasional Indonesia," paparnya.

Dari situ, Atiqah pun terpikir untuk terus mengenakan kebaya pada event-event di luar negeri. Menurut dia, mengenakan kebaya bisa membuatnya merasa percaya diri sekaligus bangga akan negara sendiri.

"Dari respons yang positif kemarin di Korea, aku pengin commit untuk terus mengenakan kebaya pada event-event internasional di luar negeri. Memang, Indonesia nggak melulu kebaya. Tapi, itu salah satu yang bikin kita bangga. Aku yang pakai saja merasa unik, pede, dan bangga. Rasanya, personality aku terpancar," paparnya.

Atiqah menyatakan baru memiliki empat koleksi kebaya. Dia berencana untuk memperkaya koleksinya. Bahkan, dia tidak menampik bahwa nanti kebaya menjadi gaun pernikahannya. "Untuk menikah, pasti aku akan memaksimalkan apa yang kita punya, yaitu kebaya," tuturnya.

Ketika ditanya soal hubungannya dengan sang kekasih, Atiqah menjawab bahwa hubungannya sangat baik. Dia bersyukur karena bisa melewati waktu tiga tahun bersama Rio. Namun, soal rencana ke pelaminan, dia belum ingin berkomentar. "Belum kepikiran soalnya," ujarnya sambil tersenyum.

Atiqah kemarin tampil dengan mengenakan kebaya rancangan Anne Avantie. Dia mengakui bahwa jadwalnya cukup padat. Tahun ini dia baru saja menyelesaikan syuting tiga film. Yang sebentar lagi dirilis adalah Hello Goodbye. "Dua lainnya, Orenji dan Java Hit, baru keluar tahun depan. Tapi, syutingnya sudah selesai. Jadi, aku sekarang sibuk promo-promo," jelasnya.

Saking sibuknya, Atiqah jatuh sakit. Empat bulan lalu dia terserang virus chikungunya. Akibatnya, dia harus menjalani bed rest selama dua minggu. Dia juga dirawat di rumah sakit. Pada masa penyembuhan dia minum banyak air putih. Dari situ, dia benar-benar merasakan manfaat air putih.

"Memang sepele ya banyak minum air putih. Tapi, setelah sakit kemarin, aku jadi ngerasain bener-bener bahwa manfaat air putih besar sekali untuk kesehatan. Karena itu, sekarang aku selalu rutin minum air putih," ungkapnya. (ken/c12/any)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Dian Sastrowardoyo Jalani Program Hamil

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler