Bangkitkan Industri Kreatif, RKC Luncurkan Mainan BIMA-S

Senin, 21 Juni 2021 – 20:18 WIB
PT Royal Kreasi Cermerlang (RKC) meluncurkan mainan action figure super hero Indonesia BIMA-S di Studio RCTI+ Jakarta. Foto dok RKC

jpnn.com, JAKARTA - PT Royal Kreasi Cermerlang (RKC) meluncurkan mainan action figure super hero Indonesia BIMA-S di Studio RCTI+ Jakarta.

CEO RKC Stephen Sutjiadi mengatakan, peluncuran action figure BIMA-S ini bertujuan untuk meningkatkan minat pasar dalam negeri terhadap mainan dan sosok super hero lokal.

BACA JUGA: Sandiaga Perkenalkan Karakter Bima S Pada Putra Bungsunya

Menurutnya, peluncuran BIMA-S dalam bentuk mainan action figure telah lama dinantikan para penggemarnya.

Adapun BIMA-S pertama kali muncul di serial animasi yang ditayangkan stasiun televisi nasional RCTI.

BACA JUGA: Jika Raffi Ahmad Poligami, Nagita Slavina Selalu Ngomong Begini

Serial besutan MNC Animation ini berhasil mencuri perhatian publik, khususnya para penggemar super hero dari kalangan anak-anak hingga generasi milenial.

“Setelah hadir dalam bentuk animasi, kami ingin mengajak para penggemarnya merasakan pengalaman baru melalui action figure BIMA-S yang hadir dilengkapi aksesoris lainnya seperti topeng, pedang, dan armor,” ujar Stephen.

BACA JUGA: Mulsk Beauty Luncurkan Sarung Bantal Terbuat dari Sutra Mulberry, Sebegini Harganya...

Dia mengaku optimistis atas respons pasar terhadap produk mainan ini.

“Antusiasme pasar sangat baik. masyarakat Indonesia masih sangat receptive terhadap intellectual property buatan Indonesia beserta produk-produk terapannya. Terbukti sampai hari ini, rangkaian mainan BIMA-S sudah terpesan hampir 1 juta pieces, dan kami harapkan sampai dengan akhir tahun bisa mencapai 2 juta pieces. Tentunya hal ini sangat menggembirakan,” ungkapnya.

Sebagai produk baru, BIMA-S seperti halnya produk mainan buatan RKC lainnya, memiliki kualitas dan standar keamanan yang baik.

“RKC mengedepankan 4 aspek utama dalam setiap produk yang diluncurkannya, yaitu ramah lingkungan, aman digunakan, aman bagi anak dan balita, serta tersertifikasi SNI. Hal tersebut terus kami jaga agar dapat menjamin keberlanjutan dan daya saing produk,” ungkapnya.

RKC telah lebih dari 30 tahun berkecimpung dalam bidang industri mainan dan telah berpartner dengan banyak mitra baik skala nasional maupun internasional.

Dalam kurun waktu tersebut perusahaan ini telah mengeluarkan lebih dari 100 item mainan yang dipasarkan ke seluruh Indonesia.

Stephen berharap, peluncuran ini bisa menjadi jawaban atas keresahan publik khususnya para pelaku industri kreatif yang ingin menjadikan industri mainan Indonesia beserta berbagai kekayaan intelektual yang ada di dalamnya sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

“Kami berharap terobosan di tengah pandemi ini dapat memicu bangkitnya kembali industri kreatif nasional serta dapat membuktikan bahwa mainan dalam negeri masih sangat diminati, sehingga para insan kreatif, pelaku usaha, dan semua pihak yang terlibat di industri ini dapat terus optimis dalam berkarya untuk kemajuan industri kreatif,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno yang hadir saat peluncuran mengaku senang atas terlaksananya peluncuran mainan action figure BIMA-S, mengingat pihaknya saat ini ingin mengembangkan ekosistem ekonomi digital terutama yang awalnya dari animasi lalu diaplikasikan ke dalam industri mainan.

Dia berharap, peluncuran mainan BIMA-S dapat menginspirasi intelektual property lainnya untuk bergerak terus membangun ekosistem.

“Kami sedang menyelesaikan Peraturan Pemerintah tentang kekayaan intelektual yang bagian dari pada turunan Undang-undang Ekonomi Kreatif, sehingga nanti lebih banyak lagi yang menyusul BIMA-BIMA untuk memastikan bahwa kita juga bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.

Sandi optimistis, suatu saat BIMA bukan hanya terkenal di Indonesia tetapi juga di mancanegara dan animasi karya anak bangsa bisa berbicara banyak di tingkat di dunia.

“Bukan hanya Micky Mouse atau Avenger, tapi BIMA juga bisa ikut nanti bersaing dengan yang besar-besar seperti Marvel, DC Comic. Mudah-mudahan, ini mimpi saya,” harap Sandi.(chi/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Ivan Gunawan Bakal Ajak Ayu Ting Ting Tinggal di London?


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler