Bangun 53 Posko Kesehatan di Titik-titik Keberangkatan Pemudik

Minggu, 21 Juli 2013 – 19:20 WIB
JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemprov DKI Jakarta akan menyediakan 53 posko kesehatan pada H-7 hingga H+7 lebaran. Posko kesehatan gratis ini disiapkan untuk melayani para pemudik.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Dien Emmawati menjelaskan bahwa ada 53 posko kesehatan yang disiapkan. Dari jumlah tersebut, 10 posko sifatnya mobile dan akan berkeliling di titik-titik lokasi keberangkatan mudik bareng.

"10 posko mobile dan 43 stay di terminal, stasiun, pelabuhan dan tempat rekreasi," kata Dien di Jakarta, Minggu (21/7).

Untuk program posko kesehatan selama musim mudik 2013, Dinkes DKI menggandeng 22 rumah sakit sebagai rujukan. Diantaranya RSCM, RS Fatmawati, RSUD Tarakan, RSUD Pasar Rebo dan RSUD Duren Sawit.

Menurut Dien, ada dokter dan perawat yang bersiaga di setiap posko kesehatan. Selain itu disediakan pula fasilitas mobil ambulans dan pojok ASI bagi ibu menyusui.

Dien juga memastikan bahwa stok obat-obatan selama masa arus mudik dan arus balik cukup.

Sebanyak 6 posko akan dioperasikan selama 24 jam. Posko dengan layanan kesehatan 24 jam non-stop ini berlokasi di Terminal Lebak Bulus, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogadung, Stasiun Senen dan Stasiun Gambir.

Sedangkan posko kesehatan di tempat wisata antara lain di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Taman Marga Satwa Ragunan (TMR), Ancol, dan Monumen Nasional (Monas).

"Ini memang disediakan untuk para pemudik serta pengunjung tempat wisata yang biasanya ramai saat libur lebaran. Ini gratis, tidak dipungut biaya," papar Dien. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mulai Senin Jalur Lalu Lintas Tanah Abang Berubah

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler