Bangun Pabrik Motor, Astra Inves Rp 3,1 T

Rabu, 14 Maret 2012 – 04:46 WIB

JAKARTA - PT Astra International Tbk (ASII) melalui anak usahanya, PT Astra Honda Motor (AHM), menanamkan investasi Rp 3,128 triliun untuk membangun pabrik sepeda motor baru. Penguasa pasar roda dua domestik ini mengincar kapasitas produksi total 5,3 juta unit per tahun pada 2013.
      
Presdir AHM Yusuke Hori mengatakan pihaknya berkomitmen membangun pabrik baru dengan kapasitas produksi 1,1 juta unit per tahun untuk memenuhi permintaan pasar sepeda motor skutik di Indonesia yang tumbuh pesat. AHM adalah perusahaan joint venture antara ASII dengan Honda Motor Co dengan komposisi saham 50:50.

"Pabrik baru AHM akan dibangun di Kawasan Industri Bukit Indah yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat," ujar Hori, Selasa (13/3).
      
Fasilitas perakitan sepeda motor itu diharapkan beroperasi pada akhir semester kedua 2013. Pabrik baru itu menjadi pabrik sepeda motor keempat AHM karena sebelumnya sudah memiliki tiga pabrik berlokasi di Sunter, Pegangsaan, dan Cikarang. "Dengan demikian, secara total kapasitas produksi sepeda motor Honda di Indonesia akan mencapai 5,3 juta per tahun," paparnya.

Hori menjelaskan, AHM akan membangun pabrik baru dengan konsep yang mampu mengurangi jumlah emisi CO2 dan memanfaatkan sumber daya alam. Seperti pembangkit listrik tenaga angin, pembangkit listrik tenaga surya, dan lainnya. Selain itu, pabrik tersebut dirancang agar setiap proses produksi berlangsung secara canggih sehingga menjadi pabrik yang nyaman bagi tenaga kerja serta ramah lingkungan bagi masyarakat sekitar.

Pabrik baru AHM akan menyerap tenaga kerja 3 ribu orang sehingga total tenaga kerja di pabrik Honda, termasuk yang ada di pabrik yang sudah beroperasi saat ini menjadi 21 ribu. "Langkah ini merupakan salah satu komitmen kami untuk terus memberikan nilai tambah bagi industri sepeda motor di Tanah Air sekaligus menciptakan lapangan kerja baru," imbuh Executive Vice President Director AHM Johannes Loman.

Hal tersebut dilakukan tidak terlepas dari besarnya prospek pasar sepeda motor di Indonesia. Loman mengatakan, pasar sepeda motor Indonesia adalah pasar terbesar ketiga di dunia setelah Tiongkok dan India. Permintaannya terus meningkat karena ditopang oleh fondasi perekonomian yang stabil dalam beberapa tahun terakhir.

Pasar motor nasional pada 2011 mencatat angka tertinggi sepanjang sejarah yaitu sekitar 8,01 juta unit. Jumlah itu tumbuh 8,7 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Penjualan AHM sendiri pada 2011 tercatat 4,27 juta unit, meningkat 25,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada 2012, AHM menargetkan dapat menjual 4,6 juta sampai 4,8 juta unit sepeda motor dengan prediksi total pasar meningkat menjadi sekitar 8,4-8,7 juta unit. (gen/oki)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Profit Taking Jegal Indeks


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler