Banjir Hilangkan 1.000 Orang

Rabu, 23 Juni 2010 – 10:31 WIB
BANJIR - Sebanyak kurang lebih 1.000 orang dilaporkan hilang, dalam bencana banjir terbaru di kawasan timur laut Brazil. Foto: Thiago Sampaio/AP.

RIO DE JANEIRO - Brazil kembali dilanda banjir besarHujan lebat yang mengguyur wilayah timur laut negeri itu, mengirim air bah ke sejumlah desa

BACA JUGA: Taipan Australia Tewas

Akibatnya, seribu orang dilaporkan hilang.

Hingga kemarin (22/6), setidaknya 38 orang tewas dan puluhan ribu lainnya mengungsi
Sejumlah desa di Negara Bagian Alagoas dan Pernambuco dilaporkan rusak parah

BACA JUGA: Bencana-bencana Negeri Panda

Dilaporkan pula, 400 ribu rumah di 22 kota kecil di Alagoas terendam air bah
Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva langsung mengadakan pertemuan koordinasi untuk mengatasi bencana itu.

Gubernur Alagoas Teotonio Vilela Filho mengatakan, beberapa jenazah terhempas hingga ke pinggir pantai dan tepi-tepi sungai

BACA JUGA: Hamas Tetap Minta Israel Buka Blokade di Gaza

"Sampai sore ini (kemarin, Red), kami telah menemukan 26 jenazah di Alagoas dan lebih dari seribu orang hilang," terangnya, sebagaimana dikutip BBC.

"Kami berdoa semoga mereka yang hilang ditemukan dalam kondisi hidupNamun, kekhawatiran kami semakin besar ketika beberapa jenazah mulai ditemukan mengambang di beberapa wilayah," lanjut dia, sebelum melaporkan kejadian tersebut kepada Presiden Brazil, Luiz Inacio Lula da Silva.

Menurut otoritas setempat, sekitar 500 orang hilang ketika Sungai Mandau meluapSetidaknya 12 orang dilaporkan tewas di Negara Bagian PernambucoRibuan kilometer ruas jalan digenangi air bah, sehingga menghambat jalur bantuan ke wilayah yang terdampak bencana.

Tim penyelamat mengevakuasi penduduk dengan menggunakan helikopterLebih dari 80 persen wilayah Kota Quebrangulo di Alagoas pun dilaporkan terendam banjirKejadian itu memaksa ribuan penduduknya mengungsi ke dataran yang lebih tinggiDi sana, petugas dan personel angkatan laut sibuk membantu proses evakuasi.

Banjir kali ini merupakan salah satu yang terbesar di wilayah AlagoasPada 2009 di lokasi yang sama, banjir serupa menewaskan 44 orang dan membuat ratusan ribu kepala keluarga kehilangan tempat tinggal(cak/c8/dos)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Suu Kyi Ultah di Penjara


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler