Banjir Tendangan Bebas Warnai Hasil Imbang PSS Sleman Vs Persipura Jayapura

Rabu, 08 Desember 2021 – 09:15 WIB
Kondisi Stadion Manahan Solo saat babak kedua pertandingan antara PSS Sleman dan Persipura Jayapura, Selasa (7/12) sore. Foto : Romensy Augustino/JPNN

jpnn.com, SOLO - Laga antara PSS Sleman melawan Persipura Jayapura dalam lanjutan BRI Liga 1 diwarnai dengan banyaknya peluang dari bola mati.

Pada laga yang bergulir di Stadion Manahan Solo, Selasa (7/12) sore, tercatat ada sekitar 10 tendangan bebas di sekitar kotak penalti yang didapat oleh kedua tim.

BACA JUGA: PSS Diimbangi Persipura 1-1, Dejan Antonic Bilang Begini

Jalannya Pertandingan

PSS dan Persipura yang berhasrat meraih kemenangan untuk memperbaiki peringkat di klasemen justru bermain dengan tempo lambat pada awal babak pertama.

BACA JUGA: Satu Penyesalan Dejan Antonic saat PSS Sleman Permalukan PSIS Semarang, Apa Itu?

Kedua tim kesulitan untuk masuk ke dalam kotak dua belas pas. Hingga menit ke 15 babak pertama, belum ada peluang yang mampu membahayakan gawang masing-masing kesebelasan.

Persipura baru mulai menguasai lapangan memasuki menit 17'. Tiga menit berselang, anak-anak Mutiara Hitam mendapat peluang lewat sepakan Nelson Alom dari luar kotak pinalti.

BACA JUGA: Piala AFF 2020: Jelang Timnas Indonesia vs Kamboja, Wonderkid Persipura Tebar Ancaman

Namun, usaha tersebut masih mudah dipatahkan kiper PSS Miswar Saputra.

Pada menit 26', Persipura kembali mendapat peluang lewat skema tendangan bebas. Lagi-lagi sepakan Nelson Alom gagal berbuah gol karena hanya membentur pagar betis yang dibuat pemain PSS.

Setelah itu, PSS terpaksa melakukan pergantian pemain setelah Jepri Kurniawan mengalami cedera. Peran Jepri langsung diisi Ocvian Chanigio.

Pada menit 30', Pelatih PSS Dejan Antonic melakukan protes keras kepada asisten wasit. Juru taktik asal Serbia itu mempertanyakan keputusan offside yang diambil setelah pemainnya berhasil mendapat posisi bagus di dalam kotak penalti Persipura.

Dua menit berselang setelah protes Dejan, bek kanan Persipura M. Tahir melepaskan sebuah tendangan dari dalam kotak penalti PSS. Sayang, sepakannya tidak tepat sasaran.

Anak asuhan Angel Alfredo Vera kembali mendapat peluang dari tendangan bebas setelah bek PSS Mario Maslac melakukan pelanggaran keras yang berbuah kartu kuning dari wasit Aprisman Aranda.

M. Tahir lagi-lagi gagal mengonversinya menjadi gol karena sepakannya dengan mudah ditangkap kiper PSS, Miswar Saputra.

Jelang akhir babak pertama, Persipura kembali mendapat peluang dari tendangan bebas.

Hedipo Gustavo yang kali ini menjadi eksekutor mampu membuat Miswar kepayahan menepis bola meski pada akhirnya hanya berbuah tendangan sudut.

Alhasil, babak pertama ditutup dengan skor imbang 0 – 0.

Memasuki paruh kedua, tempo pertandingan mulai meningkat dan perebutan bola di lapangan tengah semakin intens.

PSS Sleman membuka peluang melalui tendangan bebas pada menit 52' setelah Juninho dijatuhkan. Dia sendiri yang mengambil tendangan tersebut gagal karena sepakannya menabrak pagar betis.

Pada menit 56', Super Elang Jawa kembali mendapat peluang dari bola mati. Sayang, salah seorang pemain PSS telah berada dalam posisi offside saat menerima umpan dari Juninho.

Memasuki menit 60', Persipura mulai mengurung pertahan PSS. Peluang emas tercipta setelah Gunansar Mandowen berhasil mengirim bola ke arah Yohanes Pahabol di dalam kotak penalti.

Kiper PSS yang berusaha menutup ruang tembak gagal mengantisipasi congkelan Pahabol, tetapi masih ada Mario Maslac yang menghalau bola masuk ke gawang.

Tiga menit berselang, giliran PSS yang mendapat peluang melalui tendangan bebas. Juninho yang memilih melepaskan umpan gagal dimanfaatkan Aaron Evans.

Menambah daya dobrak, Alfredo Vera memasukkan Y. Baha menggantikan Elisa Y. Basna pada menit 67'.

Selang dua menit, PSS kembali mendapat peluang lewat tendangan bebas dari sisi sebelah kiri. Kali ini, Mario Maslac berhasil menanduk bola hasil umpan Juninho. Sayang, pemain nomor punggung 51 itu sudah berada dalam posisi offside.

PSS Sleman akhirnya memecah kebuntuan pada menit 74' lewat aksi striker Nemanja Kojic.

Unggul 1-0, PSS semakin rapat menjaga lini pertahanan

Sayang, PSS harus kecolongan pada masa injury time babak kedua setelah pemain Persipura, Y. Baha berhasil menciptakan gol seusai lolos dari jebakan offside.

Skor 1-1 akhirnya menutup laga. PSS dan Persipura harus puas berbagi angka satu poin.

Dengan hasil ini, Persipura Jayapura harus terlempar ke posisi 17 hanya unggul empat angka dari tim juru kunci, Persiraja Banda Aceh.

Adapun PSS Sleman masih tertahan di peringkat 11 klasemen dengan poin 19. (mcr21/jpnn)  

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persipura Akhirnya Raih Kemenangan, Ini Kata Angel Alfredo Vera


Redaktur : Dhiya Muhammad El-Labib
Reporter : Romensy Augustino

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler