Bank Asal Korea Selatan Miliki Saham Bukopin

Selasa, 03 Juli 2018 – 08:32 WIB
Ilustrasi Bank Bukopin. Foto: Radar Surabaya/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bank asal Korea Selatan yakni KB Kookmin Bank menjadi pembeli siaga atas saham Bank Bukopin.

Bank Bukopin sendiri sudah melakukan proses rights issue sebagai salah satu aksi korporasi pada tahun ini.

BACA JUGA: Bank Bukopin Tampung Dana Repatriasi Rp 1 T

Sebelumnya, Bank Bukopin melakukan penawaran umum terbatas (PUT) IV kepada para pemegang saham perseroan atas sebanyak-banyaknya 2,73 miliar saham kelas B dengan nominal Rp 100 per saham.

Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Eko Rachmansyah Gindo mengatakan, setelah proses rights issue, rasio kecukupan modal perseroan akan meningkat.

”Selain rights issue, aksi korporasi lain ialah revaluasi aset dan divestasi,” jelas Eko, Senin (2/7).

Bank Bukopin menargetkan rasio kecukupan modal perseroan dapat kembali tumbuh hingga mencapai 14 persen.

Saham tersebut ditawarkan melalui penambahan modal dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD).

Dalam proses PUT IV, pemegang saham yang mendapatkan HMETD adalah yang tercatat memiliki saham Bank Bukopin hingga 11 Juli 2018.

Kemudian, periode perdagangan saham berlangsung mulai 13 hingga 25 Juli 2018. Selanjutnya, penjatahan dilakukan pada 27 Juli 2018.

Direktur Keuangan dan Perencanaan PT Bank Bukopin Tbk M. Rachmat Kaimuddin menuturkan, hasil kesepakatan menunjukkan bahwa bank asal Korea tersebut akan menjadi pembeli siaga saham Bank Bukopin yang ditawarkan itu.

”Sebagai standby buyer, KB Kookmin Bank berkomitmen membeli sisa saham yang tidak diambil pemegang saham saat ini, sebanyak-banyaknya 2,56 miliar pada harga penawaran Rp 570 per saham,” kata Rachmat.

Sementara itu, PT Bosowa Corporindo sebagai pemegang saham pengendali perseroan telah menyatakan tidak akan melaksanakan haknya dalam PUT IV.

Jika seluruh HMETD dilaksanakan, pemegang saham yang tidak menggunakan haknya akan mengalami dilusi kepemilikan saham sebesar 23,08 persen dari sebelumnya.

Per 31 Maret 2018 saham Bank Bukopin dimiliki Bosowa Corporindo sebanyak 30 persen; Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo) 18,09 persen; dan negara 11,43 persen. Selebihnya, yakni 40,48 persen, dikuasai masyarakat. (res/c11/sof)


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler