Bank dan Otomotif Terpelanting, Gadget Tahan Banting

Sabtu, 10 Januari 2009 – 08:34 WIB
SEMI TRANSPARAN - Raksasa elektronik Korea Selatan, Samsung, ikut ambil bagian dalam even 2009 International Consumer Electronics Show di Las Vegas, Nevada, AS. Samsung memamerkan produknya yang diberi nama AMOLED, sebuah layar semi transparan yang memiliki beragam fitur unggulan. Foto : REUTERS
LAS VEGAS - Krisis finansial membuat perbankan dan otomotif terpelantingTapi, produsen gadget tetap tahan banting

BACA JUGA: Bulan Ini Uji TV Digital

Seolah tidak terpengaruh terpaan badai krisis, sekitar 2.700 vendor teknologi, mulai produsen ponsel, chip, sampai televisi, berlomba memamerkan inovasi terkininya pada perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2009 yang berlangsung mulai kemarin sampai 11 Januari 2009.

Bertempat di kota judi Las Vegas, AS, ribuan gadget baru nan inovatif unjuk gigi menyapa para konsumen
Kemunculan beberapa produk bahkan sudah ditunggu-tunggu karena punya keistimewaan tertentu

BACA JUGA: SpaceShip Komersial Sukses Uji Coba

Misalnya, Microsoft Windows 7, sistem operasi penerus Vista.

CEO Microsoft Steve Ballmer pada pidato pembukaan pameran kemarin menyebutkan, Windows 7 merupakan produk Windows terbaik yang pernah dibuat
Sistem operasi itu diharapkan banyak pihak akan dikembangkan untuk perangkat selain desktop seperti web dan ponsel.

CES 2009 kali ini juga menjadi kemunculan pertama produk ''pembunuh'' iPhone dan Blackberry, yakni Palm Nova

BACA JUGA: Pertama, Kapal Kargo Tenaga Surya

Jon Rubinstein, chairman Product Development Palm, menyatakan bahwa sistem operasi Nova pada ponsel cerdas Palm dirancang sebagai alternatif antara Blackberry OS yang berorientasi bisnis dan iPhone yang menonjolkan hiburan.

CES 2009 juga menampilkan revolusi ukuran komputer yang terus menyusut, namun semakin canggihSetelah era komputer meja (desktop), lalu komputer jinjing (notebook), dan terakhir komputer amplop (netbook), Sony menggebrak pasar dengan komputer sakuSony Vaio seri P atau ''pocket'' diklaim pabrikan Jepang itu sebagai netbook pertama yang dirancang ''fits in a pocket'' atau ''pas di saku''.

Saking rampingnya, Chairman dan CEO Sony Corp Sir Howard Stringer saat awal presentasi kemarin mengeluarkan Sony Vaio P dari saku jasnya seperti mengambil dompet saja.

Sony Vaio P dilengkapi prosesor Intel Atom 1,33 GHz, hard disk 60 gigabyte (atau SSD 128 gigabyte), dan sistem operasi Windows VistaMemiliki layar 8 inci persegi panjang dengan backlit LED dan resolusi layar 1.600 x 768Bandingkan dengan netbook standar yang biasanya hanya punya resolusi 1.024 x 600.

Berbagai perusahaan lain berupaya menggaet konsumen dengan memperkenalkan teknologi ramah lingkunganPerusahaan Fuji misalnya, memperkenalkan baterai ramah lingkungan bernama EnviroMaxBaterai tersebut dibuat dari material daur ulang dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti merkuri.

Produk pro-lingkungan juga dirilis MotorolaPonsel MOTO W233 mereka klaim sebagai ponsel berbahan yang bisa diperbarui (renewable) pertama di duniaPonsel GSM yang berfungsi sederhana, yakni untuk telepon dan SMS, tersebut dibuat dari campuran plastik dan pecahan botol di tempat sampah(AP/CNN/kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... TNI AL Gunakan Kapal Perang Dalam Negeri


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler