Bank Hana Siap Hadapi Tantangan Resesi Global

Minggu, 30 Oktober 2022 – 22:47 WIB
PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana), menggelar Hana Bank Economic Outlook 2023 dengan mengangkat tema Potential Global Recession and its Impact to Indonesia. Foto dok Hana Bank

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank KEB Hana Indonesia (Bank Hana), menggelar Hana Bank Economic Outlook 2023 di Jakarta pada Rabu, (26/10) dengan mengangkat tema Potential Global Recession and its Impact to Indonesia.

Kali ini Bank Hana berkolaborasi dengan asosiasi perdagangan terbesar di Korea Selatan, The Korea International Trade Association (KITA), yang dihadiri oleh Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Nathan Kacaribu, Presiden Direktur Bank Hana Park Jong Jin, dan jajaran direksi, serta komisaris Bank Hana.

BACA JUGA: Gandeng Swallow, BonCabe Ajak Anak Muda Tampil Percaya Diri

Hana Bank Economic Outlook 2023 merupakan ke-12 kalinya diselenggarakan Bank Hana sejak 2010 yang dibagi menjadi dua sesi.

Sesi Indonesia yaitu presentasi dari Ekonom Senior dari Universitas Indonesia dan Menteri Keuangan Periode 2013-2014 Muhamad Chatib Basri.

BACA JUGA: Pemerataan Infrastruktur Digital Jokowi Lahirkan Generasi Muda Berkompeten

Sedangkan sesi selanjutnya adalah Sesi Korea Selatan yakni presentasi Jung Yoo Tak dan Kang Mi Jung dari Departemen Riset Hana Financial Group bertemakan “Ekonomi Global dan Indonesia/Financial Forecast”.

Disusul presentasi Hong Yoo Young dari Korea International Trade Association (KITA) tentang “Responsif dan Pemanfaatan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Korea (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA)”.

BACA JUGA: Produk Tembakau Alternatif Terbukti Berbeda dengan Rokok

Presiden Direktur Bank Hana, Park Jong Jin, mengatakan Hana Bank Economic Outlook 2023 menjadi langkah penting perusahaan dan pemangku kepentingan lain untuk melihat berbagai tantangan ekonomi secara global ke depannya menjadi suatu kesempatan yang baik.

“Mungkin kita akan menghadapi krisis, namun jika dapat memahami dan menanggapi dengan tepat, kita akan dapat mengatasinya. Sama halnya dalam mengatasi pandemi Covid-19, Bank Hana akan terus menjadi mitra keuangan yang terpercaya bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Park Jong Jin.

Pada kesempatan yang sama, Febrio mengatakan pemerintah mengajak masyarakat untuk optimistis dalam memandang risiko dan ketidakpastian global yang sekarang terjadi.

Karena selama delapan tahun terakhir, pemerintah bersama dengan masyarakat telah memupuk modal penting menciptakan pembangunan yang kondusif.

Hal ini tercermin dalam APBN 2023 yang memfokuskan kepada agenda-agenda utama yakni SDM unggul, produktif, dan inovatif; akselerasi pembangunan infrastruktur khususnya dalam bidang energi, pangan, konektivitas, dan ICT; efektivitas reformasi birokrasi; revitalisasi industri dengan hilirisasi yang semakin kuat; dan pengembangan pembangunan ekonomi hijau.

Menurut Febrio, di tengah ketidakpastian global, Indonesia masih terus mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi pada 2023 pada 5,3%. Karena itu, pemulihan ekonomi ke depannya mesti semakin kuat dan berkualitas.

“Kami berharap Hana Bank Economic Outlook 2023 menjadi forum kondusif untuk melihat, menganalisis, memerhatikan peluang yang dapat diambil, memitigasi tantangan, dan menggali peluang–khususnya di bidang perbankan supaya bisa berperan kuat dan berkontribusi dalam mempercepat pemulihan ekonomi, tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga dalam jangka panjang,” tutur Febrio.

Hong Yoo Young dari Korea International Trade Association (KITA) menegaskan pihaknya tetap berpegang dan berkomitmen kepada perjanjian penting yang telah dibuat antara kedua negara, yakni Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia dan Korea (Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement/IK-CEPA).(chi/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kominfo Ajak Anak Muda Papua dan Yogyakarta Berkolaborasi Lewat Cara Ini


Redaktur & Reporter : Yessy Artada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler