Bank Jateng Catatkan Laba Rp 1,5 Triliun Per September 2023

Rabu, 18 Oktober 2023 – 20:01 WIB
Pj Gubernur Jawa Tengah Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana saat meresmikan Gedung Bank Jateng Cabang Pekalongan, Jawa Tengah, Rabu (18/10). Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, PEKALONGAN - PT Bank Jateng membubukan laba mencapai Rp 1,5 triliun per September 2023. Capaian itu masih berpotensi bertambah sampai akhir tahun nanti.

Hal itu disampaikan Plt Direktur Utama Bank Jateng Irianto Harko Saputro di sela peresmian Gedung Bank Jateng Cabang Pekalongan di Kota Pekalongan, Rabu (18/10).

BACA JUGA: Berkat Aplikasi Keuangan Ganjar, Pemprov Jateng Bisa Hemat Rp 1,2 Triliun

"Dengan laba usaha tersebut, maka setoran deviden Bank Jateng kepada pemda pada tahun 2024 bisa mencapai Rp 1,1 triliun," kata Irianto.

Dia menyebut Bank Jateng kini tumbuh makin kontributif terhadap perekonomian Jateng.

BACA JUGA: Begini Ekspresi Bu Mega Menjelang Pengumuman Cawapres Pendamping Ganjar

Tercatat, penyaluran kredit Bank Jateng hingga September 2023 mencapai Rp 59.79 triliun. Tumbuh 9.35 persen lebih tinggi dibanding pertumbuhan kredit perbankan Jateng sebesar sekitar 7 persen.

Irianto pun memastikan pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat maupun pemerintah daerah, salah satunya layanan berbasis digital.

BACA JUGA: Puan: Tolong Tanyakan ke Pak Jokowi, Mendukung Pak Ganjar atau Punya Pilihan Lain

Contoh layanan untuk pemda adalah disediakannya cash management system, sedangkan untuk masyarakat tersedianya mobile banking, QRIS, dan pinjaman ready cash.

Bank Jateng saat ini sudah memiliki 134 unit pelayanan mikro di tingkat kecamatan yang makin mendekatkan masyarakat mendapat layanan bank daerah itu.

Pj Gubernur Jateng Komjen Pol (Purn) Nana Sudjana berkesempatan meresmikan penggunaan gedung baru tersebut. Dia pun berharap kinerja Bank Jateng semakin baik.

"Ke depan kita harapkan Bank Jateng akan semakin berkembang dan besar, dan tentu saya harap kinerjanya juga semakin baik, khususnya dalam memberikan layanan kepada nasabah ataupun masyarakat Jateng," ujar dia.

Nana mengatakan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan Bank Jateng sudah baik. Contohnya, pelatihan pelaku UKM yang bekerja sama dengan Jerman, serta penyaluran KUR dan pemberian bantuan minyak goreng bagi masyarakat.

Dia mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Bank Jateng. Selain peresmian gedung juga ada  pemberian sembako, KUR, pelatihan usaha, mengelola modal yang betul.

“Itu sangat-sangat baik. Ke depan mungkin bisa dikembangkan," tutur Nana. (*/jpnn.com)


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler