Bansos Ecih Akhirnya Cair setelah Menunggu 4 Tahun, Kemensos Ungkap Alasannya

Selasa, 21 Desember 2021 – 21:34 WIB
Ecih menerima bansos setelah empat tahun tertahan. Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, TANGERANG - Wajah Ibu Ecih tampak semringah. Senyumnya mekar dan sinar matanya berbinar.

Ecih mendapatkan kabar dari staf Kementerian Sosial (Kemensos) soal bantuan program keluarga harapan (PKH) atas nama dirinya telah cair.

BACA JUGA: Kemensos Tutup HKSN 2021, Risma Beri 11 Tokoh Satya Lencana Kebaktian Sosial

Ecih terdaftar sebagai peserta PKH sejak 2017.

Namun, dia belum merasakan manfaat bantuan dari pemerintah itu.

BACA JUGA: Kemensos Beri Bantuan Atensi pada HKSN 2021, Risma Ingatkan soal Kesetiakawanan

Uang lebih dari Rp 20 juta kini ada di tangannya.

“Terima kasih, ya bapak-bapak semuanya. Saya sangat senang sekali akhirnya bisa menerima bantuan PKH," kata Ecih pada Selasa (21/12).

BACA JUGA: Kemensos Dirikan Command Center, Tangani Masalah Sosial Hingga Penanggulangan Bencana

Ecih akan menggunakan bantuan tersebut untuk keperluan sehari-hari dan peralatan sekolah.

Sebagian lain digunakan untuk modal usaha.

Pencairan bantuan Ecih tidak lepas dari monitoring oleh tim monitoring dan evaluasi terpadu dari Kemensos yang terdiri atas inspektorat jenderal, Direktorat Jaminan Sosial dan Keluarga, Ditjen Penanganan Fakir Miskin, Bareskrim, Kejaksaan Agung, BPKP, dan Kemenko PMK.

Data Ecih terdeteksi saat digelar Focus Group Discussion (FGD) Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bansos di Provinsi Banten pada Kamis (16/12).

Ada KPM PKH di Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, atas nama Ibu Ecih terdaftar di data bayar dari 2017 hingga 2021.

Namun, saldo kartu keluarga sejahtera (KKS) yang dipegang selalu nol.

Setelah ditelusuri, Ecih memiliki KKS dengan NIK yang berbeda (update e-KTP) dan selama empat tahun tidak menerima bantuan.

Upaya penelusuran hari ini dihadiri perwakilan Itjen Kemensos, Bareskrim Polri, Direktorat JSK, Dinas Sosial Kabupaten Tangerang, Polres Kabupaten Tangerang, BRI Kanwil Jakarta 3, dan BRI unit desa.

Kemensos berkomitmen mengawal bantuan sosial (bansos) bagi KPM agar tepat jumlah, tepat waktu dan tepat sasaran sehingga bisa meringankan beban masyarakat.

Di berbagai kesempatan, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menekankan agar para pihak terkait dan pemangku kepentingan dapat mempermudah penyaluran berbagai bansos bagi KPM.

Mensos Risma juga memadankan data di berbagai tempat di seluruh Indonesia agar penyaluran bansos bagi KPM bisa disalurkan tepat waktu.

Selain itu, melakukan berbagai inovasi layanan bagi KPM yang jauh di pelosok tanah air dengan mendekatkan layanan bank-bank himbara. (mrk/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Tarmizi Hamdi
Reporter : Tarmizi Hamdi, Tarmizi Hamdi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler