Bantah Aniaya, TNI AU Beralasan Bela Diri

Buntut Penggusuran Rumah Pensiunan TNI

Selasa, 04 Desember 2012 – 18:45 WIB
PONDOK GEDE - Dinas Logistik Lanud Halim Perdana Kusuma membantah adanya insiden pemukulan dalam proses eksekusi lahan di Jalan Raya Pondok Gede, Pondok Melati, Bekasi. Para personel TNI AU yang menjadi eksekutor hanya membela diri lantaran lebih dulu diserang oleh para penghuni rumah.

Kepala Dinas Logistik Lanud Halim Perdana Kusuma, Letkol Teknik Heri Pinehas yang memimpin tim pembongkaran mengaku bahwa sebelumnya pihaknya telah mengirim 5 orang anggotanya untuk melakukan negosiasi. Namun, pihak penghuni justru menyerang para personil tim aset tersebut.

"Mereka mukul duluan kita hanya membela diri," kata Letkol Heri saat ditemui JPNN di lokasi kejadian, Selasa (4/12).

Heri menjelaskan, penghuni rumah Kapten (purn) Suwarno dan anaknya Sersan Mayor Heri Wibowo menolak untuk meninggalkan rumah dan menyerang anak buahnya. Namun ia membantah adanya pengeroyokan terhadap kedua orang tersebut.

Beberapa anak buah Heri hanya mengamankan dengan cara memborgol para penghuni yang melakukan penyerangan. Ia bahkan mengaku memiliki video penyerangan yang dilakukan oleh keluarga Suwarno. "Kalau nggak percaya kita ada videonya, silahkan lihat kalau mau kita siap berikan," tegas Heri.

Letkol Heri juga membantah bahwa Suwarno dilarikan ke rumah sakit akibat pemukulan. Menurutnya, pria 70 tahun itu dibawa ke rumah sakit akibat shock melihat rumahnya dibongkar.

"Dia shock, tadi sekitar jam 12 sudah dibawa keluarganya ke rumah sakit. Tadinya kita tawarkan untuk dibawa dengan ambulance kita tapi di tolak," ungkapnya.

Lebih lanjut Heri mengatakan bahwa operasi pengamanan aset tersebut telah sesuai prosedur. Sebelum melakukan penertiban, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak pemerintahan, aparat keamanan termasuk Kodim dan Korem setempat.

Selain itu penurunan puluhan personel ke lokasi tersebut juga dinilainya tidak berlebihan. "Ini yang banyak ini kan buat bantu angkut-angkut barang, kan banyak barangnya," terang Heri. (dil/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Jaktim Tercepat Perekaman E-KTP

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler