Bantah Polri tak Mampu Bekuk OTK di Papua

Kamis, 23 Agustus 2012 – 19:42 WIB
JAKARTA--Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Djoko Suyanto membantah tudingan bahwa Kepolisian RI tidak mampu menangkap kelompok orang tak dikenal (OTL) yang sering melakukan penembakan misterius di Papua.

Menurutnya, untuk sejumlah kejadian di Waena, Papua kepolisian sudah menangkap sejumlah pelaku. Oleh karena itu, tuturnya, tak ada pembiaran dalam peristiwa kekerasan di Tanah Cendrawasih tersebut.

"Kalau kejadian di Waena itu sudah ditangkap. Tetapi kalau yang belum ketangkap, memang karena sedang dikejar. Bukan berarti aparat tidak melakukan pengejaran," ujar Djoko di Jakarta Pusat, Kamis (23/8).

Seperti biasa Menkopolhukam mengungkapkan alasan polisi belum menangkap sebagian kelompok warga sipil bersenjata itu karena alasan geografi di wilayah Papua. Tidak mudah menangkap para pelaku penembakan yang lebih menguasai medan di wilayah Papua.

"Jangan membayangkan medan di Papua seperti medan di Sukabumi atau di Jakarta. Kalau sekarang sedang dilakukan pengejaran ya memang belum ketemu, tetapi aparat masih melakukan pengejaran," sambungnya.

Saat ini, kata dia, kepolisian juga tengah fokus mencari pelaku penembakan terhadap anggota Sub Sabhara Polres Paniai Brigadir Yohan Kisiwaitoi dan dua karyawan PT Putra Dewa yang terjadi selama sepekan ini.

"Masih dilakukan pengejaran, belum ditemukan," jelas Djoko. (flo/jpnn)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Xenia vs Xenia, Satu Keluarga Jadi Korban

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler