Bantu Rehabilitasi Lombok, Samsung Indonesia Donasikan Unit Ambulans

Selasa, 06 Agustus 2019 – 14:29 WIB
Prosesi penyerahan secara simbolis unit ambulans oleh Samsung kepada PMI di Lombok. Foto: Ist

jpnn.com, LOMBOK - Samsung Electronics Indonesia menyerahkan satu unit ambulans kepada Palang Merah Indonesia (PMI), sebagai bentuk keperdulian dalam membantu korban gempa di Lombok.

Serah terima ambulans pun dilakukan langsung oleh Head of Corporate Citizenship, PT Samsung Electronics Indonesia, Ennita Pramono dan diterima oleh Perwakilan dari PMI yang disaksikan Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla.

BACA JUGA: Samsung Merilis Harman Kardon Soundbar Q90R

BACA JUGA: Samsung Merilis Harman Kardon Soundbar Q90R

Vice President Samsung Electronics Indonesia, KangHyun Lee mengatakan, meski bencana gempa bumi di Lombok sudah satu tahun berlalu, namun hingga saat ini para korban belum dapat kembali beraktivitas secara normal karena perbaikan semua sarana dan fasilitas umum dilakukan secara bertahap, termasuk pelayanan kesehatan.

BACA JUGA: Review Samsung Galaxy M30: Hp Rp 3 Jutaan Untuk Pengguna Aktif

"Melanjutkan donasi yang telah kami berikan sebelumnya melalui PMI, kami memberikan satu unit ambulans. Ambulans ini akan digunakan sebagai unit kunjungan sehingga bisa menjangkau masyarakat yang memerlukan perawatan maupun kontrol kesehatan namun terkendala akses ke pusat layanan kesehatan,” kata pria yang akrab disapa Lee itu, Selasa (6/8).

Tim implementasi program dari PMI yang bergerak langsung di lapangan melaporkan, saat ini ambulans sangat dibutuhkan untuk layanan kunjungan rumah atau home based care karena banyak korban bencana belum mampu datang langsung menuju pusat pelayanan kesehatan.

BACA JUGA: Samsung Kembangkan Kacamata Pintar Berbasis AR

Pada September 2018 lalu, Samsung Indonesia telah membuat konstruksi dan rehabilitasi perpipaan saluran air, persediaan air bersih sebanyak 200.000 liter, penyediaan jamban sehat, layanan kesehatan, dapur umum, serta layanan cuci pakaian gratis.

Samsung bersama tim Service Center secara mandiri juga telah membuka Posko Samsung Peduli serta dapur umum di titik pengungsian dusun Lekok dan Dusun Menggala pada September lalu. Kedua posko itu menyediakan layanan cuci gratis bagi para warga, serta dapur umum dipergunakan oleh warga setempat untuk menyediakan 600 bungkus makanan setiap harinya.

Tak hanya itu, posko melayani pencucian baju untuk 771 orang dan mencuci rata-rata 1.770 pakaian setiap harinya, sedangkan dapur umum Samsung menghasilkan hingga lebih dari 9.000 bungkus makanan dan team service center memberikan perbaikan gratis untuk 23 unit alat elektronik yang rusak sebagian besar akibat bencana gempa.

Data PMI per 2 Agustus 2019, seluruh bantuan kepada PMI untuk masyarakat gempa bumi selama masa rehabilitasi dan pemulihan di NTB telah disalurkan dalam bentuk distribusi sekitar 25.554.500 liter air bersih kepada 193.056 penerima manfaat, pembangunan saluran pipa sepanjang 46.907 meter, pembangunan 2 sekolah darurat, 22 tempat ibadah darurat, pemberian pelayanan kesehatan 13.429 penerima manfaat, edukasi kebersihan kepada 23.762 penerima manfaat, dan dukungan psikososial kepada 20.355 penerima manfaat. (mg9/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Samsung Siapkan 2 Model Baru Galaxy A Series


Redaktur & Reporter : Dedi Sofian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler