Bantuan dari Inspira Bantu Pemulihan Korban Banjir Bandang Leuwiliang

Kamis, 07 Juli 2022 – 15:32 WIB
Inspira kembali menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir bandang dan longsor di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Foto: dok Inspira

jpnn.com, JAKARTA - Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (Inspira) kembali menyalurkan bantuan bagi korban bencana banjir bandang dan longsor di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor.

Masyarakat di kawasan hulu yang didera 42 titik longsor itu kini dalam proses pemulihan.

BACA JUGA: Korban Banjir Bandang Leuwiliang Butuh Bantuan, Polri-Inspira Langsung Bergerak

Ketua Umum PB Inspira Rizqi Fathul Hakim mengatakan distribusi bantuan dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo itu, merupakan bantuan tahap ketiga.

Inspira menyalurkan bantuan berupa kasur lipat, selimut, mie instan, beras, gula, susu, air mineral, perlengkapan bayi dan perlengkapan pendidikan.

BACA JUGA: Badko INSPIRA DKI Jakarta Gelar Simposium Kebangsaan, Soroti Peran Anak Muda

"Hari ini kami fokuskan bantuan di titik Cianten yang sebelumnya terisolir akibat 16 titik longsor," kata Rizqi.

Menurut dia, bantuan pertama dan kedua disalurkan pada 26 Juni dan 28 Juni. "Kali ini kami turun kembali yang ketiga,” terang Rizqi.

BACA JUGA: INSPIRA Sebut Perhatian Kapolri Jadi Semangat bagi Atlet Sepeda Indonesia

Selain bantuan, Inspira juga melakukan trauma healing untuk anak-anak melalui sebuah games dan kuis dengan hadiah berupa uang tunai dan perlengkapan sekolah.

"Senyum dan keceriaan anak-anak tersebut membuat kami terus semangat untuk berjuang,” ungkap Rizqi.

Bantuan kali ini disalurkan bersama dengan Jurnalis Mancing Indonesia (JMI) Bogor Raya dan sejumlah relawan kemanusiaan.

JMI Bogor Raya juga menyampaikan bantuan secara langsung kebutuhan dasar anak-anak dari Keluarga Besar SDN Polisi 1 Kota Bogor.

Ketua JMI Bogor Raya Billy Adhiyaksa mengatakan aksi kemanusiaan tersebut dilakukan untuk menyampaikan pesan penting kepada masyarakat luas terkait kondisi terkini masyarakat terdampak bencana.

"Apa yang kami bawa merupakan hasil observasi saat kami melakukan peliputan di area terdampak banjir bandang. Bantuan yang kami sampaikan menyesuaikan kepada kebutuhan mereka. Semoga bermanfaat," kata Billy.

Billy juga mengapresiasi para relawan Trabas Squad yang tak pernah lelah menyapa masyarakat di sejumlah titik terisolir.

Bantuan yang diangkut truk Satpol PP Kota Bogor dan truk Polres Bogor itu, diterima baik masyarakat. Salah satunya, Abdul Muis yang rumahnya rata dengan tanah akibat tertimbun longsor.

"Baru kali ini ada bantuan berupa kasur dan selimut seperti ini. Terima kasih atas perhatiannya kepada kami," kata warga RW 9, Desa Purasari, Cianten, Leuwiliang, Kabupaten Bogor itu. (mcr10/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:


Redaktur & Reporter : Elvi Robiatul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler