Bantuan Terus Berdatangan

Minggu, 26 Februari 2012 – 05:13 WIB

SIDRAP - Pemerintah provinsi Sulsel memberi perhatian besar terhadap bencana angin puting beliung ini. Sabtu, (25/2) Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang bersama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Sulsel, Andi Mappagio turun langsung meninjau kondisi warga.
   
Agus yang mewakili pemprov Sulsel menyerahkan bantuan makanan dan peralatan dapur. Penyerahan bantuan disaksikan Bupati Sidrap Rusdi Masse.
   
Bantuan yang diserahkan antara lain 1 ton beras, 100 dos mi instant, 100 dos kecap manis, 100 kaleng ikan kaleng sarden, 100 dos air mineral, dan 1 paket kompor serbaguna. Selain itu juga 100 kg gula pasir, 100 kaleng biskuit, 100 botol minyak goreng, dan makanan siap saji 5 paket.
   
Pada kesempatan itu Agus juga menyerahkan bantuan dari PMI yang diterima langsung Camat Pancalautang, Muh Amin. Bantuan dari PMI itu berupa tenda tropolin dan tenda family kids sesuai jumlah rumah korban dan 3 unit dapur umum.
   
Agus meminta warga korban bencana untuk tetap bersabar sambil menunggu pembenahan yang akan dilakukan pemerintah. Dia pun meminta warga tetap memanfaatkan sisa bahan bangunan rumah yang masih layak digunakan membangun pemukiman baru. Pemkab Sidrap diminta segera menginventarisasi jumlah kerugian akibat bencana puting beliung tersebut untuk kemudian direkomendasikan ke pemerintah provinsi agar segera ditindaklanjuti.
   
Selain wagub, Kepala Kanwil Kementerian Agama Sulsel, Gazali Suyuti dan anggota DPD RI, Aziz Qahhar Mudzakkar juga meninjau lokasi. Keduanya juga menyerahkan sumbangan. Kakanwil menyerahkan sumbangan berupa 60 sarung, mukena, dan perlengkapan salat. Ratusan kardus indomie dan 50 kilogram gula pasir juga disumbangkan. Selain itu, untuk pembangunan musalah, Kakanwil menyerahkan sumbangan Rp10 juta.
   
Anggota DPD RI yang juga kandidat wakil gubernur Sulsel, Aziz Qahhar Mudzakkar juga menyerahkan bantuan. Sumbangan diterima langsung tokoh masyarakat setempat, Ammatoa Saidi dan disaksikan seluruh warga Turungengnge, Kelurahan Wette'e. Bantuan yang diserahkan berupa beras satu ton, 100 dos mi instan, air mineral, dan perlengkapan bayi.
   
Aziz yang didampingi juru bicara IA (Ilham-Aziz) Selle KS Dalle menyatakan keprihatinannya atas peristiwa yang menimpa warga. Ia juga menyampaikan turut belasungkawa kepada keluarga korban yang meninggal dunia.
     
Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin juga menyampaikan duka mendalam atas musibah itu. "Pemerintah kota Makassar juga akan menerima dan menyalurkan bantuan ke lokasi bencana," ujar Ilham.
   
Pada subuh hari pasca kejadian, Ilham yang juga Ketua Nasional Demokrat Sulsel memberangkatkan tim yang dipimpin DR M Akbar untuk membawa bantuan. Tim ini juga berangkat bersama tim Palang Merah Indonesia (PMI) yang dipimpin Khudri Arsyad, salah seorang pengurus PMI.
   
Menurut warga bahwa putinng beliung yang berlangsung sekitar 5 menit itu memporak-porandakan 63 rumah. 59 unit di antaranya rata dengan tanah dan 3 unit terbakar. 13 rumah rusak masih dalam posisi berdiri.
   
Akibat bencana ini 215 orang terpaksa mengungsi ke rumah keluarganya, sementara 4 orang dinyatakan meninggal, 12 luka parah dan kini dalam perawatan intensif di rumah sakit dan puskesmas.
   
Selain pemerintah, bantuan juga mengalir dari operator selular Telkomsel. Telkomsel bekerja sama dengan Yayasan Rumah Zakat memberikan sumbangan berupa 550 kaleng daging cornet yang merupakan hasil olahan Rumah Zakat. (*/pap)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Tak Miliki Izin, Banyak Toko Kelontong Jual Miras


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler