Banyak juga ya Menteri yang Bersiap Jadi Caleg, Begini Pesan Presiden

Senin, 15 Mei 2023 – 21:57 WIB
Ilustrasi - Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Johar Baru, Jakarta Pusat, Rabu (5/4). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengeluarkan peringatan tegas terhadap para menteri yang bersiap maju sebagai calon anggota legislatif maupun calon presiden dan calon wakil presiden pada Pemilu 2024.

Dia mengingatkan para menteri tidak melanggar peraturan dan perundang-undangan.

BACA JUGA: Mayjen Purnawirawan Saurip Kadi: Sinyal dari Presiden Sudah Jelas

"Hal paling penting, tidak melanggar aturan, tidak melanggar undang-undang."

"Maju sebagai caleg diperbolehkan, tetapi tugas juga tidak boleh ditinggalkan," ujar Presiden Jokowi pada acara Puncak Penanaman Mangrove Nasional di Taman Wisata Alam (TWA) Angke Kapuk, Jakarta, Senin (15/5).

BACA JUGA: Presiden Bantah Pernyataan Surya Paloh, tetapi Buka Kemungkinan Reshuffle

Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju diketahui bersiap maju sebagai caleg pada Pemilu 2024.

"Nanti akan ada evaluasi, dievaluasi. Kalau memang dirasa mengganggu, diganti, biar konsentrasi pada nyaleg-nya, misalnya," tambah Presiden.

BACA JUGA: Wapres Maruf Amin Bilang kepada Gus Imin, Saatnya Kamu Sekarang

Untuk menteri yang menjadi capres, Presiden Jokowi juga menganjurkan agar mengambil cuti.

"Menteri yang nyapres juga sama, kalau memang waktunya untuk kampanye kurang, ya, lebih baik cuti."

"Saya kira yang penting jangan melanggar regulasi, jangan melanggar undang-undang."

"Khusus yang ini tadi, nanti tolong juga ditanyakan kepada Pak Prabowo," ujar Presiden sambil tertawa karena Prabowo ada di sebelahnya.

Nama Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diusulkan oleh Partai Gerindra yang berkoalisi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) maju sebagai kandidat presiden.

Sementara sejumlah nama yang diketahui bakal maju sebagai caleg yakni Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah I.

Meliputi Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga dan Kota Semarang.

Selanjutnya, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah maju lewat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Dapil Jakarta II yang mencakup Jakarta Selatan, Jakarta Pusat dan luar negeri.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar juga akan menjadi caleg pada Pemilu Anggota DPR RI 2024 melalui PKB.

PDI Perjuangan juga mendaftarkan nama Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly sebagai bakal caleg pada Pemilu 2024.

Sementara itu dari Partai NasDem muncul nama Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Selanjutnya, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo maju lewat Partai Perindo di Dapil Jawa Timur I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo.

Wakil Menteri Menteri Ketenagakerjaan Afriansyah Ferry Noor maju lewat Partai Bulan Bintang (PBB) di Dapil Jawa Barat V.

Dari PPP muncul nama Wakil Menteri Agama Zainut Tahuid Sa'adi.(Antara/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Heru Budi Minta Kodam Jaya Jaga Keamanan saat Pemilu 2024


Redaktur & Reporter : Kennorton Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler