Banyak Keunggulan, TREBEL AI Diperkenalkan di Indonesian Idol

Rabu, 10 Mei 2023 – 12:45 WIB
Aplikasi musik TREBEL hadir memberi kejutan dalam babak Top 3 Road to Grand Final Indonesian Idol XII di Studio RCTI+, Jakarta, Senin (8/5). Foto: Dok. TREBEL

jpnn.com, JAKARTA - Aplikasi musik TREBEL hadir memberi kejutan dalam babak Top 3 Road to Grand Final Indonesian Idol XII di Studio RCTI+, Jakarta, Senin (8/5).

Fitur terbaru yang canggih dengan dukungan artifical intelegence yaitu TREBEL AI, diperkenalkan untuk pertama kalinya di Indonesia.

BACA JUGA: Tiket Konser Coldplay di Jakarta Belum Dijual, Jangan Sampai Tertipu

Saat acara Indonesian Idol, Boy William sebagai host membahas mengenai musik yang tidak ada habisnya seperti fitur TREBEL AI yang memiliki banyak fitur untuk menikmati musik.

Boy William kemudian mengajak chit-chat salah satu peserta yaitu Salma.

BACA JUGA: Denisa Perkenalkan Failing Grace Menjelang Album Kedua

"Salma, sebagai seorang musisi kamu pasti sering bikin lagu ya, I know you are song writer,” kata Boy William.

Lalu, teman dekat Ayu Ting Ting itu mengajak juri untuk memberikan kata kunci yang diinginkan.

BACA JUGA: The Used Bagikan Lagu Numb Sebelum Rilis Album Baru

Anang dengan kata 'sempurna', BCL dengan kata 'cinta', Judika dengan kata 'minor', Rossa menyebutkan kata 'mayor' dan David ingin kata 'indah'.

Boy William kemudian mengetik kata kunci tersebut lalu muncul lirik lagu yang mana ini merupakan salah satu fitur canggih yang ada di TREBEL AI.

"Oh keren banget langsung jadi (lirik lagu)," kata Salma yang merupakan kontestan Big 3 Indonesian Idol XII.

Tidak hanya itu, Boy William kemudian mengetik satu kalimat yakni lagu galau Indonesia terfavorit.

Setelah pencarian, munculah lagu-lagu cinta yang enak didengar dan bahkan beberapa di antaranya merupakan lagu para juri Indonesian Idol.

Maraknya penggunaan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di dunia teknologi dapat membantu sebagian orang dalam kehidupan sehari-hari.

Contohnya adalah ChatGPT yang belakangan ini diperbincangkan, sekarang telah diintegrasikan di dalam aplikasi musik TREBEL dalam merevolusi pengalaman mendengarkan dan menemukan musik.

Sebagai aplikasi #MusikAntiRibet, TREBEL menghadirkan fitur kecerdasan buatan yang canggih.

Pengguna dapat dibuatkan playlist lagu secara anti ribet atau secara otomatis sesuai dengan permintaan melalui fitur TREBEL AI.

Selama ini, aplikasi musik lain di Indonesia masih harus membuat playlist sendiri secara satu per satu dan hanya mengandalkan rekomendasi dari algoritma.

Sekarang, dengan TREBEL AI, pengguna dengan sangat mudah mendapatkan rekomendasi lagu.

Cukup mengetik permintaan pengguna, TREBEL AI akan memberikan solusi dan playlist lagu yang sesuai dan bisa langsung didengarkan di aplikasi TREBEL secara gratis.

"Kami sangat senang mengintegrasikan ChatGPT ke dalam TREBEL Music untuk menawarkan pengalaman musik yang lebih mulus, intuitif dan dipersonalisasi kepada pengguna kami," kata Pendiri dan CEO TREBEL Music Gary Mekikian melalui keterangan pers.

"Dengan TREBEL AI, pengguna kami dapat membuat kumpulan lagu atau playlist secara instan dan mendapatkan jawaban cepat dan akurat atas pertanyaan mereka tentang musik, semua dalam satu tempat," sambungnya.

Selain membuat playlist secara otomatis, kecanggihan TREBEL AI juga dapat dijadikan sebagai alat untuk membuat lirik lagu.

Caranya hanya memberikan perintah beserta spesifik kata yang ingin dijadilan lirik.

Hanya dengan TREBEL AI, pengguna dapat membuat kumpulan lagu anti ribet.

Selain itu, ada lebih dari puluhan jutaan lagu yang dengan mudahnya dapat ditemukan dengan perintah chatbot personal di TREBEL AI.

TREBEL merupakan aplikasi untuk mendengarkan musik tanpa bayar dan tanpa batas skips untuk mendengarkan puluhan jutan lagu baik lokal atau mancanegara secara legal bukan bajakan.

TREBEL Musik di Indonesia sekarang menduduki peringkat 2 di ranking Google Play Store Indonesia untuk kategori aplikasi musik gratis.

Tidak hanya di Indonesia saja, kesuksesan TREBEL telah mengglobal dengan telah hadir di Amerika, Mexico, dan Kolombia. (ded/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler