Baperjakat Rancang Formasi Pejabat Pemprov Sulsel

Rabu, 06 Februari 2013 – 01:27 WIB
MAKASSAR -- Utak atik pejabat Pemprov Sulsel kembali dilakukan menyusul banyaknya jabatan lowong. Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) mulai merancang susunan pejabat baru pascapemilihan gubernur Sulsel.
   
Gerbong mutasi membawa beberapa pejabat untuk mengisi jabatan definitif kepala dinas serta badan yang selama ini dirangkap oleh pejabat lainnya. Sedikitnya enam pejabat eselon II merangkap menjadi pelaksana tugas (plt) di SKPD lain.
   
Pejabat pemprov yang rangkap jabatan yakni, Asisten II, Yaksan Hamzah merangkap Plt kepala Bappeda. Asisten IV, Kasim Alwi juga sekaligus merangkap kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat.
   
Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Tautoto Tana Ranggina merangkap kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Jufri Rahman yang menjabat kepala Badan Pendidikan dan Latihan juga merangkap Plt kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.
   
Kepala Inspektorat Sulsel, Azikin Solthan merangkap plt kepala Dinas Pendapatan Daerah. Rangkap  tugas juga diemban sekretaris Dinas Pendidikan, Abdullah Jabbar sebagai plt kepala dinas menggantikan Patabai Pabokori yang pensiun.
   
Beberapa di antaranya disebut akan menduduki jabatan yang dirangkapnya menjadi jabatan definitif seperti Tautoto Tanaranggina yang tetap dipertahankan sebagai kepala BKD, Jufri Rahman sebagai kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, serta Yaksan Hamzah sebagai kepala Bappeda.
   
Penggodokan pejabat yang akan ikut terbawa pada gerbong mutasi untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan pejabat pensiun 2013 ini. Sedikitnya 10 pejabat eselon sudah memasuki masa pensiun.
   
Pejabat yang pensiun tahun ini antara lain, Sekretaris Korpri, Saleh Gottang, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, Yushar Huduri, Kepala Dinas Tenaga Kerja, Saggaf Saleh. Juga Kepala Inspektorat Sulsel Azikin Solthan.
   
Asisten Kesra Amal Natzir juga sudah memasuki masa pensiun. Begitu pula Kadis Pengelolaan Sumber Daya Air, Soeprapto Budi Santoso, serta Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Murtala Ali, Direktur RS Haji, Nurhasanah Palinrungi, dan Kepala Satpol PP, Ikbal Haris.
   
Sekretaris Provinsi Sulsel, Andi Muallim mengakui formasi baru komposisi pejabat Pemprov Sulsel mulai dirancang kembali. Sebelumnya, mutasi tidak dilakukan saat jelang pilgub, melainkan hanya menempatkan pejabat rangkap tugas.
   
"Setelah pilgub ini mulai lagi digodok pejabat yang akan mengisi abatan lowong. Apalagi jabatan kasatpol dan sekretaris korpri juga lowong. Ada tujuh pejabat eselon dua yang pensiun tahun ini," beber ketua Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Sulsel itu. (rif/sil)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Borax dan Formalin akan Diperdakan

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler