Barcelona Tak Mau Kompromi Hadapi FC Basel

Rabu, 22 Oktober 2008 – 14:12 WIB
BASEL - Dua klub yang punya pertautan sejarah bertarung pada matchday ketiga Liga Champions grup C dini hari nanti WIB (23/10)Mereka adalah klub raksasa Spanyol Barcelona yang datang bertamu ke klub Swiss FC Basel di Stadion St Jakob Park

BACA JUGA: Sandy Langsung Bertemu Romana



Meski reputasinya tidak sementereng Barcelona, Basel adalah embrio klub asal Catalan tersebut
Semua itu tidak lepas dari jasa mantan kapten Basel Joan Gamper yang kemudian dikenal sebagai presiden pertama sekaligus pendiri Barcelona.

Untuk mengingat sejarah itu, jelang partai Basel versus Barcelona, Basel mengadakan pameran di museum yang terletak Stadion St Jakob Park

BACA JUGA: FA Usut Pengakuan Didier Drogba saat Final Liga Champions

Dalam pameran tersebut, ditunjukkan kiprah awal Gamper yang hijrah ke Spanyol, kemudian dia membentuk Barcelona


Berdasar sejarah yang diturunkan melalui mulut ke mulut, Gamper memilih kostum biru-merah untuk Barcelona berbasis pada kostum dengan warna nyaris sama milik Basel, yang didirikan enam tahun sebelum Barcelona lahir.

"Sayang, tak ada dokumen sejarah yang bisa membuktikan bahwa kostum Barcelona tersebut berdasar pada kostum Basel

BACA JUGA: Kondisi Purwanto Meragukan

Tapi, bukti-bukti keadaan saat itu sudah mencukupi," papar Hans-Dieter Gerber, ketua koleksi museum olahraga Swiss, kepada Reuters.

"Fakta bahwa Gamper pergi ke Spanyol dan membentuk FC Barcelona yang mulai bermain dengan warna kaus yang nyaris sama dengan yang dia pakai ketika menjadi kapten Basel membuktikan bahwa cerita itu cukup berdasar," ujar Gerber.

Pengakuan terhadap jasa Gamper dibuktikan dengan pembuatan sebuah patung lilin yang disimpan di museum Stadion Camp NouSelain itu, sebuah pertandingan pramusim bertajuk Joan Gamper Tournament selalu dihelat sejak 1966.

Terlepas dari pertautan sejarah antara kedua tim, Blaugrana -julukan Barcelona- tidak memiliki alasan untuk memberikan angin kepada tuan rumahSebab, hingga saat ini, Basel belum memiliki satu poin pun dari dua laga yang dilakoninya.

Sedangkan Barcelona yang dibesut Josep Guardiola bertengger kukuh sebagai pemuncak klasemen sementara grup C dengan torehan enam poin dari dua pertandinganMereka pun masih punya ambisi besar untuk segera memastikan diri lolos ke babak berikutnya(ham/aww)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Perolehan Medali Indonesia Seret


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler