Barcelona v Real Betis: Beda Kasta

Rabu, 12 Januari 2011 – 16:16 WIB
BARCELONA - Satu tiket menuju semifinal Copa del Rey alias Piala Raja Spanyol diprediksi menjadi milik BarcelonaMemang, Barca belum turun ke lapangan

BACA JUGA: Jakarta 1928 Incar Younghusband Bersaudara

Namun, di atas kertas tidak akan kesulitan saat meladeni Real Betis pada first leg perempat final di Stadion Nou Camp dini hari nanti.

Laga ini layaknya pertarungan antara raksasa melawan kurcaci
Barca kini memimpin klasemen sementara Liga Primera

BACA JUGA: Komisi X Agendakan Panggil Nurdin dan Arifin

Sedangkan Betis berlaga di Segunda Division alias kompetisi kasta kedua Liga Spanyol.

Meski beda kasta, pantang bagi para penggawa Barca untuk jemawa
rekor bentrok kedua tim menunjukkan bahwa Barca harus hati-hati melawan Betis

BACA JUGA: Persebaya Gaet Asing Tanpa Seleksi

Dalam delapan bentrok terakhir, Barca dua kali kalah dan tiga kali seri melawan Betis.

Dalam dua tahun terakhi, Barca mengalami perkembangan performa yang luar biasa di tangan entrenador Josep GuardiolaMereka memiliki materi pemain brilian di semua posisiBahkan, tiga penggawa Barca menguasai kandidat Pemain Terbaik Dunia 2010 yang akhirnya direbut Lionel Messi.

Guardiola biasanya melakukan beberapa rotasi saat tampil di pentas Copa del ReyMeski begitu, gaya dan kualitas permainan mereka tidak berbedaHal itu karena Barca punya pemain pelapis yang jempolan seperti Javier Mascherano, Ibrahim Affelay, Adriano, dan Bojan Krkic.

Di sisi lain, Betis sadar diriMereka pun datang dengan target minimal"Kami harus realistisBila tidak bisa menang, maka yang terbaik adalah jangan sampai kalahMereka takkan membiarkan kami bermain bebas," kata Isidoro, bek Betis, seperti dilansir Marca.

Meski sukses menembus perempat final Copa del Rey, pencapaian itu sesungguynya bukan target dari BetisMisi utama mereka adalah kembali ke pentas Liga Primera"Yang paling penting bagi kami musim ini adalah menjaga performa konsisten agar mendapatkan tiket promosi," kata Isidoro.

Barca sendiri sangat garang musim iniMereka sudah mencatat total 79 gol di semua ajangKolaborasi Lionel Messi, David Villa, dan Pedro, jadi momok bagi benteng pertahanan lawanNamun, di pentas Copa del Rey, mesin gol Barca agak seret.

Barca sempat mengamuk ketika menggebuk klub amatir Ceuta dengan skor 7-1 pada babak 32 besar laluTapi, begitu memasuki babak 16 besar, Barca butuh keunggulan agregat gol tandang untuk menyingkirkan Athletic BilbaoSetelah bermain imbang tanpa gol di kandang, Barca meraih hasil 1-1 di kandang Bilbao pada laga keduaMesin gol Barca meledak lagi ketika menekuk Deportivo La Coruna 4-0 pada pekan ke-18 Liga Primera (8/1).

"Kami akan bermain dengan cara kamiTidak akan ada yang berubahSoal komposisi pemain, kami memiliki banyak pemain bagus," ujar Guardiola seperti dikutip El Mundo.

Ketika melawan Deportivo, Barca menyimpan Dani Alves, Xavi, dan Sergio BusquetsGuardiola memberikan kesempatan kepada Adriano, Javier Mascherano, dan Seydou Keita sebagai starterSelain itu, Affelay, Bojan, dan Thiago Alcantara diturunkan sebagai pengganti(ham/ca)

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): 1-Valdes (g); 2-Alves, 5-Puyol, 3-Pique, 22-Abidal; 8-Iniesta, 6-Xavi, 15-Keita; 17-Pedro, 7-Villa, 10-Messi
Pelatih: Josep Guardiola

Real Betis (5-3-2): 1-Goitia (g); 8-Arzu, 2-Isidoro, 26-Roque, 23-Nacho, 31-Benat; 18-Iriney, 28-Ezequiel, 10-Juande; 24-Castro, 19-Molina
Pelatih: Pepe Mel

Stadion: Nou Camp, Barcelona

Head to Head
15/02/2009     Real Betis     v Barcelona     2-2
25/09/2008     Barcelona     v Real Betis     3-2
30/03/2008     Real Betis     v Barcelona     3-2
05/11/2007     Barcelona     v Real Betis      3-0
14/05/2007     Barcelona     v Real Betis      1-1

Di atas kertas
Real Betis mencatat hasil dua kali menang dan tiga kali seri dalam delapan laga terakhir kontra BarcelonaDengan kekuatan tim yang timpang, Barca punya kans besar untuk menang.

Bursa Asian Handicap
Barcelona v Real Betis       0 : 1 1/2

BACA ARTIKEL LAINNYA... Publik Pertanyakan Terpilihnya Messi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler