Baru Buka, Rute Surabaya-Lombok Full

Sabtu, 22 Desember 2012 – 07:01 WIB
SURABAYA- Garuda Indonesia memperkuat rute ke Indonesia Timur dengan membuka rute baru Surabaya-Ampenan, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sampai akhir tahun, rute tersebut sudah terisi penuh dengan rata-rata load factor 80-90 persen.

Selain itu, perusahaan penerbangan pelat merah tersebut juga membuka rute Surabaya-Semarang.  General Manager PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Surabaya Ari Suryanta mengatakan permintaan dua rute baru tersebut cukup tinggi, baik untuk bisnis maupun wisatawan.

"Sampai akhir tahun nanti load factor rute Surabaya-Ampenan sudah mencapai 80-90 persen. Sedangkan, Surabaya-Semarang sudah 70 persen," katanya saat peresmian di VVIP Bandara Juanda kemarin (21/12).

Ari menuturkan, pembukaan rute baru tersebut sempat tertahan lantaran ketiadaan armada yang sesuai untuk rute pendek. "Saat itu kita belum punya pesawat yang pas, karena kalau pakai Boeing 737-800 agak kebesaran, padahal traffic tidak terlalu besar. Nah dengan adanya Bombardier CRJ1000 NextGen berkapasitas 96 seat cocok untuk rute pendek," ucapnya.

Dengan demikian, total penerbangan dari Surabaya memiliki tujuh rute. Antara lain, Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Balikpapan, Surabaya-Ujung Pandang, Surabaya-Bandung, Surabaya-Lombok dan Surabaya-Semarang. Untuk tujuh rute tersebut dalam sehari terdapat 26 flight.

"Tertinggi Surabaya-Jakarta dengan 16 flight dengan load factor 90 persen, tapi untuk sementara kita tidak melakukan penambahan flight karena traffic sudah penuh. Ke depan, kami ada rencana menggunakan pesawat dengan kapasitas lebih besar pada jam-jam tertentu," jelasnya. 

Sementara itu, tahun depan pihaknya berencana membuka penerbangan langsung Surabaya-Jeddah. Selama ini penerbangan ke Jeddah dilayani dari Jakarta.

"Terus terang permintaan umroh dari Surabaya cukup tinggi. Tapi untuk membuka rute tersebut masih menunggu kedatangan pesawat baru Boeing 777, nah pesawat yang lama 747-400 ditaruh di sini untuk melayani Surabaya-Jeddah. Kami harapkan Agustus 2013 sudah dapat beroperasi," katanya.

Selain Jeddah, untuk penerbangan internasional juga berencana membuka Surabaya-Singapura. Sedangkan, penambahan rute domestik tetap dilakukan. Ada beberapa daerah yang dibidik, antara lain Banjarmasin, Jogjakarta dan Kupang. (res)
BACA ARTIKEL LAINNYA... Malaysia Buka Pintu untuk Bank Mandiri

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler