Baru Lee Chong Wei dan Marcus/Kevin yang Bisa Seperti Ini

Senin, 18 Desember 2017 – 10:14 WIB
Marcus Fernaldi (kiri) dan Kevin Sanjaya. Foto: Badminton Indonesia

jpnn.com, DUBAI - Fenomena baru bulu tangkis dunia telah muncul. Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi dan Kevin Sanjaya meraih tujuh gelar dalam satu tahun kalender Metlife BWF World Superseries.

Apa itu Metlife BWF World Superseries? Ini adalah 13 turnamen yang terdiri dari enam ajang level superseries premier dan tujuh superseries. Itu sudah termasuk Superseries Finals.

BACA JUGA: Marcus/Kevin Susah Tidur Jelang Laga Final SSF 2017

Nah, sejak format kejuaraan ini dipertandingkan pada 2007, tak banyak pemain (tunggal maupun ganda) yang bisa mengoleksi banyak gelar dalam satu tahun. Sebabnya, peserta di turnamen ini adalah pemain papan atas (ranking) saja.

Marcus/Kevin menjadi omongan dunia karena telah mencetak, mempertajam dan menyamai rekor-rekor istimewa di Metlife BWF World Superseries.

BACA JUGA: Tutup Superseries Finals, Axelsen Kubur Mimpi Lee Chong Wei

Setelah menjadi juara di Superseries Finals (hanya boleh diikuti delapan terbaik dari masing-masing nomor) 2017 di Dubai, Minggu (17/12) malam, Marcus/Kevin telah mengoleksi tujuh gelar dari sembilan partai final sepanjang 2017.

Sebelum Superseries Finals 2017, tahun ini Marcus/Kevin juara di All England, India Open, Malaysia Open, Japan Open, China Open dan Hong Kong Open. Tiga turnamen awal dan tiga ajang terakhir dicetak secara beruntun alias hat-trick. Selain menjadi juara, Marcus/Kevin menjadi runner up di Korea Open dan Denmark Open.

BACA JUGA: Marcus/Kevin: 7 Gelar Ini Mukjizat, Terima Kasih Indonesia

Torehan tujuh gelar juara itu telah melewati catatan fenomenal ganda putra Korea Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong pada 2015, yang mengoleksi enam gelar.

Dengan membukukan tujuh gelar superseries (premier) dalam satu tahun, Marcus/Kevin kini menyamai rekor milik legenda hidup tepok bulu Malaysia, Lee Chong Wei.

Tunggal putra yang akrab dengan Taufik Hidayat dan Lin Dan itu juga pernah menyabet tujuh gelar dalam satu tahun, tepatnya pada 2013 (Korea Open, Malaysia Open, India Open, Indonesia Open, Japan Open, Hong Kong Open, Superseries Finals).

Buat Marcus/Kevin, dengan tujuh gelar superseries tahun ini, total mereka telah mengoleksi sepuluh superseries (India Open 2016, Australian Open 2016 dan China Open 2016).

Sayang, Marcus/Kevin belum melengkapi keperkasaan mereka dengan gelar dari turnamen BWF Event seperti Kejuaraan Dunia. Namun, masih ada waktu.

"Kalau bicara soal ingin gelar, bukan cuma Kejuaraan Dunia saja yang kami mau. Semua gelar juga kami mau menangi. Kami hanya mencoba melakukan yang terbaik kalau sudah dikirim ke turnamen, enggak mau sia-siakan kalau sudah disuruh berangkat,” tutur Marcus di laman Badminton Indonesia. (adk/jpnn)

(4 Fakta Super Marcus/Kevin Usai Juara Superseries Finals)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 4 Fakta Super Marcus/Kevin Usai Juara Superseries Finals


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler