Baru Stoke yang Melaju

Wakil Inggris di Babak 32 Besar

Minggu, 04 Desember 2011 – 04:48 WIB

STOKE-ON-TRENT - Stoke City menyelamatkan muka Inggris di Europa LeagueTampil dengan status tim fair play UEFA, Stoke mampu lolos ke fase knockout (babak 32 besar) kemarin

BACA JUGA: Nadal Bikin Spanyol Memimpin

Selain Stoke, Schalke 04 (Jerman) dan Lokomotiv Moskow (Rusia) juga lolos


Itu berarti sudah 15 tim yang memastikan lolos dari 24 kuota fase grup Europa League

BACA JUGA: Unggulan Indonesia Berguguran

Berarti, masih tersisa sembilan tiket yang akan diperebutkan di laga pemungkas grup pekan depan
Di sisi lain, delapan kuota lainnya diisi tim limpahan dari fase grup Liga Champions.

Stoke lolos sekalipun hanya bermain imbang 1-1 menghadapi Dynamo Kiev (Ukraina) di Stadion Britannia

BACA JUGA: Undian Ringan Juara Bertahan

Dengan 11 poin, The Potters -sebutan Stoke- tidak mungkin terkejar Dynamo yang menghuni peringkat ketiga klasemen grup E dengan 6 poin

Dynamo sulit lolos ke 32 besar karena favorit pendamping Stoke adalah klub Turki Besiktas (9 poin)Di laga terakhir, Besikitas bermain home kontra Stoke, sedangkan Dynamo melawan Maccabi Tel Aviv (Israel) yang sudah pasti menempati juru kunci setelah hanya meraih satu poin.

"Capaian kami sungguh fantastisKami mampu lolos dari grup yang sangat beratBukan hanya karena kualitas lawan, melainkan juga karena jauhnya perjalanan saat away," kata pelatih Stoke Tony Pulis kepada Reuters.

"Semoga di babak 32 besar kami mendapat undian yang lebih menguntungkan baik dari lawan maupun perjalanan away,"imbuhnya.

Stoke patut berterima kasih kepada Kenwyne Jones kemarinGol striker Trinidad & Tobago itu pada menit ke-81 menghindarkan kekalahan bagi StokeTuan rumah tertinggal 0-1 sejak menit ke-27 setelah defender Stoke Matthew Upson membobol gawangnya sendiri.

Hasil itu mengulang pertemuan pertama di Kiev sekalipun situasinya kontraKala itu, Stoke yang nyaris menang sebelum Dynamo mencetak gol balasan di menit-menit akhir. 

Hasil seri yang diraih Stoke masih lebih baik dibandingkan wakil Inggris lainnya, FulhamFinalis Europa League 2009-2010 itu harus menyerah 0-1 di kandang FC TwenteSetelah menahan tanpa gol tuan rumah selama 88 menit, Fulham harus kebobolan oleh gol striker jangkung Marc Janko dalam laga yang berlangsung dalam guyuran hujan itu.

Twente sebenarnya sudah memastikan lolos ke 32 besarNamun, The Tukkers -sebutan Twente- ternyata tetap tampil seriusSelain kalah, Fulham juga merugi dengan kartu merah yang diterima striker Andy Johnson di menit-menit akhir

"Kami yakin lolos karena kami bermain di kandang sendiri di laga terakhir grup (lawan Odense, 14/12, Red)," kata pelatih Fulham Martin Jol kepada Sky Sports.

Di sisi lain, dua wakil Inggris lainnya, Tottenham Hotspur dan Birmingham City, sebenarnya juga masih berpeluang lolos ke 32 besar di grup masing-masingTottenham di grup A, sedangkan Birmingham di grup HHanya, peluang keduanya sangat tipis setelah sama-sama menelan kekalahan di matchday kelima dua hari lalu (1/12)(dns/bas)

Lolos 32 Besar

- PAOK Salonika (Yunani)
- Standard Liege (Belgia)
- Hannover 96 (Jerman)    
- PSV Eindhoven (Belanda)
- Legia Warsawa (Polandia)    
- Sporting Lisbon (Portugal)        
- Stoke City (Inggris)
- Athletic Bilbao (Spanyol)       
- Metalist Kharkiv (Ukraina)       
- Braga (Portugal)
- Atletico Madrid (Spanyol)
- Schalke 04 (Jerman)       
- FC Twente (Belanda)       
- Anderlecht (Belgia)
- Lokomotiv Moskow (Belgia)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Messi Mengimpikan Jadi Ayah


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler