Baru Tiga Parpol Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg

Rabu, 22 Mei 2013 – 12:30 WIB
JAKARTA – Meski batas waktu penyerahan berkas perbaikan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) berakhir Rabu (22/5), namun hingga Pukul 12.15 WIB, baru tiga partai yang resmi mengembalikan berkas perbaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Masing-masing PDI Perjuangan pada Selasa (21/5), menyusul Partai Bulan Bintang (PBB) pada Rabu (22/5) sekitar Pukul 10.00 WIB dan dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Pukul 11.00 WIB.

Berkas perbaikan PBB diantar langsung sang Ketua Umum MS.Kaban dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) BM.Wibowo. Sementara untuk PKPI diantar Sekjennya Yusuf Kartanegara.

Proses penyerahan berkas perbaikan PBB berlangsung cukup cepat. Diperkirakan hanya sekitar satu jam. Rombongan terlihat telah meninggalkan gedung KPU yanga terletak di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Pukul 11.00 WIB.

Hal ini berbeda dengan PDIP Perjuangan, yang menyerahkan berkasnya Selasa. Karena meski tiba sekitar Pukul 11.00 WIB, diketahui hingga Pukul 22.00 WIB, proses penyerahan belum juga selesai.

Menurut Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, kondisi tersebut terjadi karena berkas yang diserahkan kembali diteliti satu persatu dan dilakukan secara bersama-sama antara petugas KPU didampingi petugas yang dipercayakan oleh partai.

Salah seorang Humas KPU, Arif, memerkirakan suasana di gedung KPU baru akan ramai didatangi parpol diatas Pukul 14.00 WIB. Namun begitu ia memastikan seluruh petugas KPU yang ada akan tetap melakukan pelayanan semaksimal mungkin. Bahkan akan bekerja hingga Kamis pagi untuk memeriksa berkas-berkas perbaikan nantinya.

Hal ini tidak berbeda dengan apa yang sebelumnya dikemukakan Komisioner KPU, Sigit Pamungkas. Hanya bedanya, ia memastikan jadwal perbaikan berkas tidak berubah dari yang sebelumnya telah ditetapkan.

Karena itu ia berharap seluruh parpol peserta pemilu benar-benar memanfaatkan waktu yang ada. “Untuk batas jadwal penyerahan berkas perbaikan tidak ada pengunduran waktu. Semuanya berjalan sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujarnya.(gir/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Petinggi PDIP Tak Ikuti Dinamika Jelang Pilbup Langkat

Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler