Batasi 3 Makanan ini Untuk Mendapatkan Kulit Sehat

Kamis, 04 Januari 2018 – 17:53 WIB
Ilustrasi. Kulit wajah. Foto SukaLive

jpnn.com - Jika Anda pernah mengalami eksim, tentu tahu rasa gatal itu sering terasa tidak tertahankan. Sedangkan iritasi yang berasal dari eksim bisa sangat menyakitkan dan tidak sedap dipandang.

Diperkirakan 35 juta orang Amerika terpengaruh oleh kondisi ini, beberapa di antaranya kronis dan lainnya secara berkala.

BACA JUGA: Hindari Menggunakan Sepatu yang Sama Setiap Hari

"Meskipun krim dan lotion steroid topikal bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan Anda secara keseluruhan, penting untuk melakukan rute yang lebih fungsional untuk menangani eksim," kata ahli gizi holistik, pelatih kesehatan dan pendiri Frolic and Flow, Carly Brawner, seperti dilansir laman Mydomaine, Rabu (3/1).

"Menyingkirkan eksim berarti mengobati akar penyebab masalah yang bagi sebagian besar orang, hal ini berarti mengatasi ketidakseimbangan mikrobioma," jelas Brawner.

BACA JUGA: 5 Pengaruh Diet pada Kulit

Tidak ada pendekatan satu ukuran yang cocok untuk mengatasi eksim, namun diet Anda memainkan peran penting dalam tubuh.

"Beberapa makanan yang harus Anda konsumsi adalah makanan anti-inflamasi yang kaya akan probiotik, termasuk bumbu dan rempah-rempah, ikan berlemak omega-3, sayuran berdaun hijau, sayuran berwarna-warni dan makanan yang mengandung seng seperti tiram dan daging gelap dari unggas organik. Semua ini baik untuk menyembuhkan masalah kulit," kata Brawner.

BACA JUGA: Tips Menghilangkan Rasa Gatal bagi Penderita Eksim

Brawner sering menyarankan agar kliennya mencoba diet eliminasi 30 hari untuk sementara menyingkirkan makanan seperti susu, gluten, gula, kedelai, telur, dan kopi.

Dengan perlahan-lahan mengenalkan kembali setiap makanan satu per satu, Anda sering bisa melihat apa yang berkontribusi pada kemunculannya.

Jika Anda tidak ingin mencoba diet eliminasi namun menginginkan kulit bebas eksim, ada tiga kelompok makanan tertentu yang kemungkinan harus Anda hindari.

Berikut ini 3 makanan teratas yang menyebabkan eksim.

1. Gorengan.

Kentang goreng, hot dog, onion ring dan makanan gorengan lainnya bisa menjadi penyebab utama eksim.

Makanan yang tidak disiapkan dengan benar (seperti makanan yang digoreng) bisa menyebabkan pembengkakan di tubuh dan orang-orang yang memiliki eksim perlu mengurangi peradangan secara spesifik.

Meski setiap orang memiliki sensitivitas dan alergi makanan yang berbeda, makanan yang digoreng memang cenderung memiliki efek inflamasi pada setiap orang.

Restoran menggoreng makanan dalam minyak nabati terhidrogenasi dan rusak yang kaya akan radikal bebas.

Radikal bebas ini merusak sel dan menyebabkan peradangan.

2. Dairy

Banyak orang melihat hasil ketidakmampuan mereka untuk mencerna dan mentolerir susu di kulit.

Orang-orang yang tidak toleran terhadap laktosa mungkin mengalami eksim sebagai reaksi alergi terhadap susu, mentega atau keju (bagaimanapun juga, susu adalah satu dari enam makanan alergen teratas).

Selanjutnya, susu olahan kini mengandung vitamin sintetis, hormon pertumbuhan, dan gula, semua hal yang menyebabkan peradangan.

3. Gluten.

Gluten adalah protein yang sangat reaktif yang ditemukan pada gandum dan biji-bijian lainnya seperti farro, bulgur, dieja, kamut dan durum. Banyak orang peka terhadap makanan dengan gluten.

Sebuah studi di European Journal of Dermatology menemukan bahwa intoleransi gluten, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki penyakit celiac, bisa menjadi salah satu penyebab utama penyakit dan masalah kulit.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Punya Jenis Kulit Berminyak? Hindari 4 Jenis Makanan ini


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler