Tips Menghilangkan Rasa Gatal bagi Penderita Eksim

Rabu, 02 Agustus 2017 – 06:10 WIB
Eksim. ILUSTRASI. Foto: Health

jpnn.com - Anda menemukan kulit Anda berwarna merah, kering dan gatal-gatal? Bisa jadi itu adalah penyakit eksim yang merupakan penyakit akibat kelainan kulit yang mengakibatkan bagian tubuh yang terserang akan terasa gatal.

Eksim terjadi karena peradangan pada lapisan kulit, baik itu di lapisan epidermis maupun dermis.

BACA JUGA: Si Merah Ceri Yang Punya Manfaat Dahsyat

Penyebab penyakit eksim di kulit salah satunya karena alergi. Eksim merupakan sebuah kondisi kulit yang menyerupai alergi, berupa kemerah-merahan dan bersisik.

Eksim dipicu karena adanya zat asam yang berlebihan pada kelenjar getah bening atau karena proses detoksifikasi pada tubuh melalui ginjal dan lambung melalui pori-pori kulit, sehingga bisa memicu eksim.

BACA JUGA: Tips Merawat Rambut Tetap Berkilau Setelah Dicat

Penyakit kulit ini sering dikaitkan juga dengan sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif atau bisa juga karena masalah pencernaan akibat salah makan sehingga kuman atau racun terserap ke dalam aliran darah.

Berikut ini beberapa tips menghilangkan rasa gatal bagi penderita eksim, seperti dilansir laman Health, Minggu (30/7).

BACA JUGA: Gejala Menopause Lebih Buruk Menimpa Wanita Gemuk

1. Go cold

Stimulasi dingin akan mengganggu perasaan gatal pada tubuh dan bisa membantu memutus siklus gatal-gatal. Anda bisa menerapkan es batu di daerah kulit yang gatal.

2. Break your routine

Salah satu cara untuk mengendalikan gatal adalah dengan menggunakan alat psikologis yang disebut "pembalikan kebiasaan."

Studi tahun 2011 tentang strategi mengatasi gatal untuk dermatitis atopik (bentuk eksim yang paling umum, yang terjadi pada orang yang rentan terhadap alergi) menunjukkan bahwa menggaruk bisa menjadi respons terkondisi yang mungkin bahkan tidak Anda sadari sedang Anda lakukan.

3. Know your triggers

Sementara masalah genetik adalah penyebab yang mungkin terjadi dalam dermatitis atopik, beberapa hal di lingkungan Anda sendiri juga bisa membuat gejala eksim Anda menjadi lebih buruk.

Tidak semua orang memiliki pemicu eksim yang sama, namun beberapa yang umum termasuk panas atau dingin, kain tertentu seperti wol, alergen seperti debu atau bulu hewan peliharaan dan produk perawatan kulit atau pewangi.

Penting untuk mengenali faktor-faktor ini sehingga Anda bisa menghindarinya.

4. Tarik napas dalam-dalam

Stres dan kecemasan adalah pemicu eksim bagi banyak orang. Tingkat peradangan kimia yang lebih tinggi seperti hormon stres kortisol bisa memperburuk peradangan yang membuat eksim lebih parah.

Mengetahui bahwa situasi tertentu cenderung akan membuat kulit Anda akan terasa sangat gatal bisa membantu menjaga kondisi terkendali.

Beberapa strategi yang bisa Anda coba seperti meditasi, yoga, tidur nyenyak dan berolahraga.

5. Matikan suhu shower

Air panas mungkin terasa enak saat ini, namun pada akhirnya bisa memperburuk eksim dengan melepaskan senyawa yang merangsang gatal.

Sebagai gantinya, gunakan air suam-suam kuku, sabun ringan dan tidak diberi wewangian (produk wangi bisa mengiritasi).

6. Gunakan pelembab sebelum tidur

Tindakan berulang mengoleskan lotion sebelum tidur bisa menenangkan kulit dan pikiran.

Juga, sadarilah bahwa Anda mungkin tidak bisa menghentikan gatal secara keseluruhan dan karena itu cobalah untuk tidak merasa frustrasi jika ada sensasi ingin menggaruk kulit sangat mengganggu saat Anda mencoba tertidur.

Frustrasi justru bisa memperparah gatal dan membuat Anda lebih sulit tertidur.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 9 Manfaat Madu yang Mungkin Belum Anda Ketahui


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler