Bawang Merah di Gorontalo Tembus Rp 115 Ribu

Selasa, 13 Agustus 2013 – 13:44 WIB

jpnn.com - GORONTALO - Harga bawang merah di Manado sudah Rp 100 ribu, namun di Gorontalo lebih mahal lagi. Untuk bawang merah kualitas baik bahkan dijual Rp 115 ribu per kilonya. Sedangkan bawang merah basah (kualitas sedang) harganya di kisaran Rp 105 sampai Rp 110 ribu.

Hangato Dadue, pedagang bawang merah grosir asal Gorontalo mengatakan, mahalnya harga bawang merah di daerah penghasil jagung tersebut karena terbatasnya suplai dari Manado. Sebagai daerah tetangga, pedagang antar provinsi saling barter barang dagangan. Misalnya untuk bawang merah, bawang putih, dan tomat, dikirim dari Manado ke Gorontalo. Sedangkan cabe rawit dari Gorontalo ke Manado.

BACA JUGA: Bawang Merah Lebih Mahal dari Daging Sapi

"Pengambilan kita sudah Rp 85 ribu - Rp 90 ribu. Belum biaya transportasi ke Gorontalo. Jadi kita jualnya di atas Rp 100 ribu," aku Hangato, Selasa (13/8).

Harga bawang merah yang tidak kunjung turun ini dikeluhkan para pedagang maupun pembeli. Apalagi pascalebaran, pasokan bawang merah berkurang. Akibatnya, harga bawang merah kualitas rendah pun tetap dijual dengan harga tinggi di atas Rp 110 ribu.

BACA JUGA: Harga Emas Murni Terus Turun

"Ini bawangnya kecil-kecil tapi harganya selangit. Beli bawang merah sudah bisa dapat sandal teplek tiga," aku Meite sembari tertawa.

Ia menambahkan, harga bawang merah kini tidak lagi di bawah Rp 20 ribu. Serendah-rendahnya Rp 50 ribu, padahal sebelumnya bawang merah sekilonya hanya Rp 10 - 12 ribu. (esy/jpnn)

BACA JUGA: Aturan Cukai Rokok Terafiliasi Distop

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mentan Tengarai Adanya Ulah Spekulan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler