Bawaslu Protes, KPU Tunda Penetapan DPT

Sabtu, 10 Desember 2016 – 00:32 WIB
Pilkada. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - MAMUJU – KPU Sulawesi Barat memenuhi permintaan Bawaslu untuk membatalkan penetapan Data Pemilih Tetap (DPT) Pilgub Sulbar.

Keputusan diambil melalui rapat pleno di Sekretariat KPU Sulbar, Kamis, 8 Desember.  

BACA JUGA: Ada Surat dari Istri Pak Hoegeng untuk Ahok, Isinya...

Data pemilih yang sudah ditetapkan di tingkat KPUD dinilai masih amburadul.  

Hasil rekapitulasi DPT dari KPUD di enam kabupaten se-Sulbar mencapai 843.688 pemilih. Rinciannya, pemilih laki-laki 421.920, perempuan 421.768.

BACA JUGA: Berkampanye Sebulan, Anies Kuras Tabungan

Pemilih ini tersebar di 2.756 TPS pada 69 kecamatan, 648 desa/kelurahan.

Ketua Bawaslu Sulbar, Busrang Riandhy mengatakan, pihaknya merekomendasikan penundaan penetapan DPT ini karena ada banyak pemilih yang tidak memenuhi syarat namun tidak dicoret KPU.

BACA JUGA: Cagub DKI Ingat Ya, Perilaku Tak Sesuai Janji Itu Tindakan Koruptif

Mislanya, kata dia, di Kabupaten Mamuju Tengah ada pemilih yang terdaftar dalam DPT namun tidak memiliki nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga.

"Bahkan ada pemilih ganda. Terutama di Mamuju Tengah, contoh TPS 1 Babana, Kecamatan Budong-bodong 68 pemilih tidak memiliki NIK. Padahal NIK itu wajib. Untuk itu, Bawaslu merekomendasikan penundaan penetapan DPT hingga 16 Desember nanti. Alhamdulillah KPU menerimanya," paparnya.

Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah mengakui masih ditemukan beberapa pemilih yang tidak memiliki NIK sehingga diputuskan untuk dikoreksi.

KPU dan Bawaslu, lanjut Usman, akan melakukan pertemuan sebelum penetapan DPT 16 Desember nanti.

"Atas temuan-temuan oleh Bawaslu, kita berterima kasih ke semua pihak," ungkapnya.

Dengan penundaan penetapan DPT ini, ujar Usman, maka KPU optimis data pemilih ini nantinya semakin akurat. Tim verifikasi KPU akan berjalan bersama jajaran Panwas.

"Masing-masing mencermati, kita juga memberikan data sebagai dasar mencermati lebih detail. Setelah penundaan tersebut tak ada lagi koreksi DPT," bebernya.

Sebelumnya, hasil rekapitulasi DPT Pilgub Sulbar yang dilakukan KPUD di tingkat kabupaten se-Sulbar, menetapkan total pemilih 843.688 orang yang tersebar di enam kabupaten.

Masing-masing Kabupaten Mamasa 117.766 pemilih, Kabupaten Polman 302.182 pemilih, Majene 108.531 pemilih, Mamuju 158.427, Mamuju Tengah 72.739, dan Mamuju Utara 84.043 pemilih.(ham/sam/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Cagub Harus Menjelaskan Secara Detail Asal Usul Hartanya


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler