Bayar Host Rp 47 Miliar Untuk 3 Jam

Senin, 13 Januari 2014 – 20:24 WIB
Cate Blanchett. Getty Images

jpnn.com - LOS ANGELES - Musim penghargaan film 2014 dimulai. Perhelatan akbar Golden Globe Awards menjadi pembukanya. Acara yang memasuki tahun ke-71 itu digelar di Beverly Hilton Hotel, Los Angeles, Minggu malam waktu setempat (pagi ini WIB). Film American Hustle dan 12 Years a Slave akan bersaing ketat untuk mendominasi. 

Keduanya sama-sama mengantongi nominasi terbanyak dengan lolos di tujuh kategori. 12 Years a Slave yang merupakan film drama sejarah berkompetisi di kategori bergengsi film drama terbaik bersama Captain Phillips, Gravity, Philomena, dan Rush.

BACA JUGA: Batal Cerai, Nikita Ngebet Punya Momongan

"Saya prediksikan 12 Years a Slave yang menang. Film itu melesat ke depan sehingga tak ada pesaing yang benar-benar kuat untuknya," kata editor film dari majalah Variety Ramin Setoodeh seperti dikutip CBS News.
 
"Film ini juga sudah memenangi banyak penghargaan di sejumlah festival dan disukai para kritikus. Jadi, sudah pasti 12 Years a Slave akan menjadi film drama terbaik," tambah Setoodeh.
 
Sedangkan yang masuk nominasi film komedi/musikal terbaik adalah American Hustle,  Her, Inside Llewyn Davis, Nebraska, dan The Wolf of Wall Street. Banyak pengamat yang menyebut American Hustle sebagai jawaranya. Film garapan sutradara David O. Russell yang dibintangi Jennifer Lawrence, Bradley Cooper, Christian Bale, dan Amy Adams tersebut telah memenangi piala film terbaik New York Film Critics Circle. Film itu juga disebut-sebut sebagai calon pemenang Oscar.
 
Untuk kategori pemeran utama, Setoodeh menyebut tak ada yang paling bersinar. Keberadaan mereka semua so-so. Apalagi, ada sepuluh nama yang masuk, terbagi dalam dua kategori, yakni drama dan komedi/musikal.
 
"Akting para bintang utama pria sangat sangat kompetitif tahun ini. Tapi, saya rasa yang bakal menjadi pemenang di kategori aktor terbaik drama kalau tidak Matthew McConaughey di Dallas Buyers Club, ya Robert Redford di All is Lost," imbuhnya.  

Pada bagian aktris terbaik, lima nomine merupakan orang-orang yang sudah berpengalaman sebagai pemenang penghargaan. Ada Kate Winslet, Cate Blanchett, Judi Dench, Sandra Bullock, dan Emma Thompson. Setoodeh merasa bahwa Blanchett lewat Blue Jasmine paling punya kans membawa piala. "Tapi, Emma Thompson juga akan membayangi sebagai kuda hitam," ujar Setoodeh.
 
Siapa pun pemenang Globes, mereka bisa berharap juga akan menjadi pemenang Academy Awards, acara yang dianggap sebagai puncak dari musim penghargaan film. Dalam dua tahun terakhir film terbaik Globes juga sukses menjadi pemenang Oscar. Tahun lalu Globes menahbiskan Argo karya Ben Affleck sebagai film terbaik. Di Oscar, Affleck memenangi kategori sutradara terbaik. Tahun sebelumnya, The Artist menang sebagai film terbaik komedi/musikal. Di Oscar film bisu itu sukses menjadi film terbaik.
 
Bukan hanya insan film yang berpesta di acara yang diadakan The Hollywood Foreign Press Association (HFPA) itu. Tayangan dan bintang-bintang TV juga turut diberi penghargaan. The Big Bang Theory, Brooklyn Nine-Nine, Girls, Modern Family, dan Parks and Recreation menjadi nomine di serial komedi terbaik. Sedangkan di serial drama terbaik yang akan bersaing adalah Breaking Bad, Downton Abbey, The Good Wife, House of Cards, dan Masters of Sex.
 
Selain bisa melihat siapa pemenang Globes, masih ada alasan kuat untuk menyaksikan acara yang disiarkan langsung di 167 negara itu. Apa lagi kalau bukan kolaborasi dua sahabat Tina Fey dan Amy Poehler yang bertindak sebagai host. Itu merupakan panggung kedua mereka setelah menuai hujan pujian saat membawakan Globes tahun lalu. Tahun ini Fey dan Poehler dibayar masing-masing USD 4 juta (sekitar Rp 47, 3 miliar) untuk membuat acara berdurasi tiga jam itu menjadi tetap menarik.
 
Di deretan pembaca pemenang ada Jennifer Lawrence, Uma Thurman, Kevin Bacon, Julie Bowen, Laura Dern, Mila Kunis, Colin Farrell, Jimmy Fallon, Reese Witherspoon, Tom Hanks, Chris Hemsworth, dan Melissa McCarthy. Juga ada Seth Meyers, Liam Neeson, Chris O"Donnell, Margot Robbie, Mark Ruffalo, Kyra Sedgwick, Channing Tatum, Emma Watson, Naomi Watts, dan Olivia Wilde.
 
Penulis dan sutradara Woody Allen dinobatkan sebagai peraih gelar kehormatan Cecil B. DeMille Award. Tahun lalu predikat itu diraih aktris Jodie Foster. Allen dikenal memiliki kehidupan cinta tak biasa setelah menikahi Soon-Yi Previn, perempuan yang lebih muda 34 tahun darinya. Anak adopsi mantan pasangannya, aktris Mia Farrow, itu dikabarkan tidak akan datang. Aktris Diane Keaton yang juga merupakan mantan kekasihnya bakal mewakili naik ke atas panggung. Apakah Keaton juga akan membacakan pidato kemenangan sedramatis Foster" Mari kita menantinya. (c11/ayi)

BACA JUGA: Zaskia Gotik Bikin 7 Video Klip dalam Sehari

BACA JUGA: Nikita Mirzani Enggan Komentari Perceraian Christy Jusung

BACA ARTIKEL LAINNYA... Daftar Pemenang Golden Globe 2014


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler