Bayern Juara, Jepang Berpesta

Rabu, 16 Mei 2012 – 05:07 WIB
Takashi Usami. Foto: Getty Images

MUNCHEN - Park Ji-sung adalah pemain pertama sekaligus satu-satunya dari Asia yang pernah memenangi Liga Champions. Pemain berkebangsaan Korea Selatan (Korsel) itu meraihnya bersama Manchester United pada edisi 2008. Kini, capaian Park berpotensi disamai Takashi Usami.
 
Ya, Usami merupakan penggawa Bayern asal Jepang. Pemain 20 tahun tersebut bergabung dengan skuad Bayern Juni tahun lalu dengan status pinjaman dari Gamba Osaka. Kans Usami turun di final memang kecil mengingat pemain yang di Bayern ditempatkan sebagai winger itu bukan saingan Arjen Robben, Franck Ribery, maupun Thomas Muller.
 
Namun, Usami masih bisa melebihi capaian Park. Ketika United meraih juara empat tahun lalu, Park juga sama sekali tidak turun di lapangan. Eks kapten timnas Korsel itu bahkan tidak masuk daftar 18 pemain (line up). Nah, Usami memiliki kesempatan masuk line up.
 
Itu mengingat Bayern tidak bisa menurunkan Holger Badstuber, Luiz Gustavo, dan David Alaba di final. Selain itu, defender asal Brazil, Breno, statusnya dibekukan dari skuad setelah tersandung masalah kejiawaan dan sempat mendekam di penjara karena membakar rumahnya sendiri. Praktis, dengan hanya butuh dua kiper untuk final, skuad utama Bayern hanya menyisakan 18 pemain termasuk Usami.
 
"Saya belum tahu (masuk skuad final atau tidak) karena itu adalah keputusan pelatih. Tapi, saya berharap terpilih karena memenangi Liga Champions adalah sesuatu yang sangat masif dalam karir saya," kata Usami seperti dilansir Mainpost.
 
"Jika kami meraih juara (Liga Champions), bukan hanya Usami yang akan gembira. Saya pikir, warga Jepang juga akan berpesta," sahut Jerome Boateng, defender Bayern yang dikenal sebagai teman akrab Usami.
 
Di sisi lain, final Liga Champions disebut bakal menjadi momen kebersamaan terakhir Usami bersama Bayern. Itu setelah Bayern disebut tidak akan memperpanjang durasi pinjaman Usami. Tapi, sebagaimana diberitakan Bild, Usami kemungkinan akan tetap berkarir di Jerman setelah klub Bundesliga TSG Hoffenheim tertarik memakai tenaganya musim depan.
 
Keputusan Bayern tidak ingin mempertahankan Usami tak lepas dari kesulitan pemain muda terbaik J-League 2010 itu menembus starting eleven. Sepanjang musim ini, Usami hanya mampu lima kali membela Bayern dengan tiga di antaranya di Bundesliga dan masing-masing sekali di DFB Pokal dan Liga Champions.
 
Dari lima penampilannya itu, hanya sekali Usami menjadi starter atau ketika menghadapi Werder Bremen di ajang Bundesliga (21/4). Meski begitu, Usami tidak bisa dikatakan jelek-jelek amat karena masih mampu menyumbang satu gol ke gawang Ingolstadt di ajang DFB Pokal pada 26 Oktober tahun lalu. (dns)

Data Diri
Nama Lengkap        : Takashi Usami
Lahir                           : Nagaokakyo, Kyoto, 6 Mei 1992
Posisi                         : Winger/Striker
Tinggi                         : 178 cm/69 kg

Karir Klub                
1999"2004     Nagaokakyo S.S. (junior)
2005"2008     Gamba Osaka
2009"     Gamba Osaka    
2011"    Bayern Munchen (pinjaman)
Karir Timnas        :
2007         Jepang U-15     (4 caps/2 gol)
2007"2008     Jepang U-16     (7 caps/5 gol)
2009         Jepagn U-17     (5 caps/3 gol)
2010         Jepang U-19     (13 caps/5 gol)
2011         Jepang U-22     (4 caps)

Prestasi        :
- Piala Emperor 2009
- Pemain muda terbaik J-League 2010
BACA ARTIKEL LAINNYA... Bayern Bingung Hadapi Chelsea


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler