Bayern Vs Chelsea, Antara Revans dan Rivalitas

Jumat, 30 Agustus 2013 – 16:26 WIB

PRAHA - Bayern Muenchen dan Chelsea adalah pemegang gelar Liga Champions dua edisi terakhir. Bayern merengkuhnya tiga bulan lalu (25/5), sedangkan Chelsea tahun lalu. Meski begitu, konsentrasi kedua klub sepertinya tidak akan tercurahkan sepenuhnya dalam drawing fase grup Liga Champions di Monaco tadi malam WIB.
 
Itu karena skuad Bayern maupun Chelsea tengah berada di Praha, Republik Ceko. Keduanya bakal memperebutkan Piala Super Eropa di Eden Arena dini hari nanti (siaran langsung SCTV, kickoff 01.45 WIB). Pertemuan yang sudah pasti membangkitkan memori final Liga Champions 2012.
 
Chelsea dibawah asuhan pelatih karteker Roberto di Matteo berhasil memperdaya Bayern di depan pendukungnya sendiri di Allianz Arena lewat drama adu penalti 4-3. Die Roten " sebutan Bayern - memang membayar kegagalannya dengan meraih gelar di Wembley tiga bulan lalu.
 
Namun, para penggawa Bayern masih belum bisa melupakan kekalahan menyakitkan dari Chelsea. "Ini seperti reuni besar bagi saya. Dua tahun saya mengenakan kostum Chelsea dibawah kepelatihan Jose Mourinho dan kini saya akan menghadapi Chelsea yang kembali memiliki Mourinho," kata Arjen Robben, winger Bayern, seperti dilansir di situs resmi klub.
 
"Tak ada kesempatan sebagus dan seunik seperti sekarang ini karena kami bisa menyelesaikan urusan lama dengan Chelsea sekaligus memenangi trofi pertama musim ini," sahut kiper Bayern Manuel Neuer seperti dilansir Bild.
 
Bagi Bayern, memenangi Piala Super Eropa akan tercatat sebagai rekor. Bayern akan tercatat sebagai klub Jerman pertama yang memenangi ajang yang telah memasuki edisi ke-38 tersebut. Bayern sejatinya pernah tiga kali berlaga pada 1975, 1976, dan 2001, tapi selalu kalah.
 
Sedangkan Chelsea memang pernah memenanginya pada edisi 1998 di era kepelatihan Gianluca Vialli. Tapi, kegagalan tahun lalu (kalah telak 1-4 dari Atletico Madrid) juga memberi motivasi ekstra bagi skuad Chelsea. "Bayern adalah tim yang memainkan sepak bola mengagumkan, tapi tim kami juga memiliki kualitas," tutur defender Chelsea Branislav Ivanovic di situs resmi UEFA.
 
"Kembalinya Jose Mourinho sekaligus memberikan atmosfer positif bagi klub kami. Dia adalah hal terbaik yang didapatkan Chelsea musim panas ini," sambung kapten timnas Serbia itu.
 
Ivanovic adalah pahlawan Chelsea saat memenangi Europa League di Amsterdam ArenA pada 15 Mei lalu. Golnya pada menit ketiga masa injury memastikan skor 2-1 untuk The Blues " seburan Chelsea " atas Benfica. "Saya pikir kami bisa mengulang kemenangan Amsterdam di Praha nanti," tandas Ivanovic.
 
Demi Piala Super Eropa, Chelsea memang tampil tidak terlalu fight dalam laga terakhirnya kontra Manchester United di Premier League (26/8). Laga di Old Trafford itu berakhir seri 0-0. Bayern pun demikian. Der trainer Pep Guardiola sengaja menurunkan "Bayern B" saat away ke Freiburg di Bundesliga (27/8). Walhasil, Bayern dipaksa bermain seri 1-1.  (dns)

Head to Head (Liga Champions)
19/12/2012    Bayern v Chelsea    1-1 (3-4pen)
12/4/2005      Bayern v Chelsea    3-2
6/4/2005       Chelsea v Bayern    4-2

BACA JUGA: Direktur Persib jadi Tersangka, Polisi Dianggap Salah Alamat

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bandung Utama Buru Dua Pemain Lagi


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler