Bayi dengan Jantung di Luar Tubuh Sukses Dioperasi

Kamis, 22 September 2011 – 12:30 WIB
JAKARTA - Siti Arrahmah, bayi 12 hari yang menderita kelainan jantung yang berada di luar tubuh atau Ectopia Cordis (Naked Heart) berhasil melewati operasi pertamanya di RSAB Harapan Kita, JakartaAnak pertama pasangan Khaerudin dan Diana, warga Desa Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau tersebut sukses menjalani operasi yang berlangsung selama 4 tam lebih.

"Operasinya tahap pertamanya berjalan lancar dan baik

BACA JUGA: Tunda Kehamilan, Bisa Simpan Indung Telur

Saat ini jantungnya sudah tidak menonjol lagi seperti sebelumnya, karena jantungnya di bungkus dengan bahan sintetis," ucap salah seorang dokter yang ikut dalam proses operasi tersebut saat memberikan penjelasan kepada Khaerudin kepada JPNN.

Dalam sesi jumpa pers sebelum melaksanakan proses operasi, Ketua Tim Ahli yang menangani Siti, dokter spesialis jantung anak, dr Rudi Firmansyah menyatakan bahwa Operasi tahap pertama ini untuk memasang selaput dari zat sintetis pada jantung Siti guna melindungi jantung Siti agar tidak tersenggol dan terkena infeksi dari luar.

Penutupan terhadap jantung Siti katanya Perlu dilakukan agar tidak mengalami luka, karea sangat rawan infeksi jika tersenggol meskipun sedikit saja
"Jantung Siti perlu ditutup untuk mengamankan dalam posisi stabil, sehingga bisa dievaluasi hasilnya lebih lanjut,"ujar Rudi.

Zat sintetis itu sebut Rudi pula berasal dari jaringan sapi yang cocok pada jaringan hidup Siti

BACA JUGA: Merokok Picu Sinusitis

Karena hanya jaringan sapi saja yang bisa digunakan
''Penanganan kasus Siti ini dilakukan dengan tiga kali tahap operasi

BACA JUGA: Sofyan: RUU JPH Bikin Obat dan Makanan Makin Mahal

Ini adalah operasi tahap pertama dilakukan,"terangnya.

Ditambahkan Rudi, sebenarnya kondisi bayi dengan jantung di luar ini bisa diketahui sejak dalam kandunganTapi lantaran orangtuanya tidak memeriksakan kehamilannya ke dokter, maka baru ketahuan saat lahir"Dengan USG saja seharusnya bisa terdeteksi, tapi orangtunaya tidak pernah memeriksakan kandungannya ke dokter,"jelasnya.

Seperti diketahui Siti Arrahmah awalnya dirawat di RS Ibnu Sina PekanbaruNamun dengan keterbatasan peralatan medis dan dokter spesialis Jantung, maka Bayi tersebut di rujuk ke RSAB Harapan Kita dan deberangkatkan Minggu, (18/9) lalu dengan di dampingi langusng tim medis dari Kemeneterian Kesehatan dan dinas kesahatan Riau(yud/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Sepatu Rock n Roll Ikuti Selera Era Modern


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler